Artikel

Serunya Bermain dan Belajar Daring PAUD

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   11 September 2021
  •   8:15pm
  •   Artikel
  •   290 kali dilihat
  •  

Samarinda - Suara teriakan anak-anak yang sedang bermain dan belajar terdengar saling bersahutan lewat media zoom meeting. Ada yang tertidur di pangkuan Bunda, ada yang “mogok” tidak mau belajar, ada yang menangis karena lapar, bahkan ada pula yang loncat-loncatan tak bisa diam.

Tidak bisa dipungkiri, salah satu sifat anak-anak adalah mereka sangat mudah untuk berubah pikiran dan berubah suasana hatinya (moody). Hal tersebut dikarenakan anak usia dini belum bisa mengontrol diri dengan baik.

Belajar daring selama pandemi Covid-19 tidak hanya diterapkan oleh sekolah dasar ataupun sekolah menengah saja, melainkan juga bagi tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Salah satunya yaitu Anak Kita Preschool yang terletak di Jalan Jakarta Samarinda.
Sekolah yang didesain khusus untuk anak-anak usia 1 hingga 6 tahun ini tetap menjalankan proses belajarnya secara online melalui video call maupun zoom meeting.

Inilah yang menjadi tantangan untuk orang tua yang memiliki anak usia PAUD tetap memasukkan anaknya ke lembaga PAUD meskipun sedang pandemi. Alasannya, tentu orang tua membutuhkan guru PAUD untuk merangsang tumbuh kembang anak.

Meskipun harus melakukan pertemuan melalui daring, namun metode bermain dan belajar ala Anak Kita Preschool dirancang sedemikian rupa agar anak-anak tidak bosan dan terus aktif untuk melakukan aktifitas sekolahnya sesuai panduan pembelajarannya.

Berbagi pengalaman terhadap anaknya yang berumur 2 (dua) tahun dan harus sekolah PAUD secara daring, Nanda Putri mengungkapkan kesabaran seorang Ibu benar-benar diuji.

“Maksud hati memasukkan anak PAUD agar mudah bersosialisasi, akibat pandemi akhirnya jadi harus punya ekstra mengendalikan diri. Biar anak tetap punya suasana hati yang asik saat sekolah online” terangnya saat dihubungi via whatsapp, Sabtu (11/9/2021).

Meskipun banyak tantangannya, namun Nanda merasa adanya kurikulum dari sekolah membantunya agar bisa lebih kreatif pula dan merasa nyaman tentunya. Mendampingi anak sekaligus bermain dan belajar cara parenting atau mendidik anak agar perkembangan kognitifnya bisa terus meningkat.

“Seru sih, apalagi kalau sudah kelas besar yang zoom. Mulai dari anak yang paling muda sampai yang paling besar ketemuan online. Paling tidak anak tahu kalau punya teman-teman sekolah meskipun belum bertemu langsung” ucapnya.

Selain memberikan pengajaran secara online, Anak Kita Preschool juga meminjamkan Alat Peraga Edukasi kepada anak didiknya agar meskipun di rumah, anak bisa tetap bermain-main dengan permainan edukasi. Diberi perlengkapan sekolah untuk menggambar dan mewarnai serta proyek kertas besar untuk mengekspresikan kegemaran anak-anak lucu tersebut. (cht/pt)