Artikel

PAPPRI Kaltim Siap Kawal Talenta Kembangkan Bakat dan Karya

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   16 April 2022
  •   4:24pm
  •   Artikel
  •   161 kali dilihat
  •  

Samarinda - Tak perlu diragukan lagi, Provinsi Kalimantan Timur memiliki banyak potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang tak kalah saing dengan daerah lain. Salah satunya dalam SDM yang memiliki talenta berkaitan dengan musik.

Penyanyi, pencipta lagu bahkan pemusik asal Bumi Etam telah banyak melahirkan karya yang diakui tak hanya Nasional bahkan Internasional. Namun, tak dapat dipungkiri banyak juga masyarakat Kaltim yang justru kurang mengetahui mengenai kesuksesan musisi daerah sendiri.

Karena itu, adanya kepengurusan Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kaltim sebagai organisasi profesi akan mengawal pengembangan bakat dan talenta yang dimiliki Kaltim menjadi sebuah angin segar bagi musisi.

Ketua PAPPRI Kaltim, Rusmadi Wongso mengungkapkan talenta yang dimiliki Kaltim sangat luar biasa. Terbukti dari banyaknya penyanyi hebat, pencipta lagu-lagu populer asal Kaltim yang dinyanyikan artis Nasional dan juga musisi-musisi yang sudah mengharumkan nama Kaltim tak hanya pada event Nasional bahkan Internasional.

“PAPPRI Kaltim akan selalu ada untuk menjadi ruang bagi mereka yang bertalenta agar semakin mengembangkan bakat dan karya. Sehingga, terus mampu dan siap bersaing terlebih Kaltim sebagai IKN yang siap mencetak talenta hebat, ” ungkapnya saat podcast Ngobrol Pintar dan Inspiratif, Kamis (14/4/2022).

Menurut Rusmadi, PAPPRI menjadi organisasi profesi penting karena ingin menempatkan seni budaya musik sebagai bagian yang penting dalam membentuk kepribadian, meningkatkan kualitas SDM. Maju tidaknya sebuah bangsa tergantung SDM yang punya karakter yang bagus dan integritas kecintaan pada negeri ini.

Langkah nyata yang akan dilakukan PAPPRI tentu tujuannya agar bisa menunjukkan eksistensi bagi penyanyi, pencipta lagu dan pemusik. Bekerja secara profesional dan dihargai pada saat melakukan kegiatan musik. Karena belum semua PAPPRI Kabupaten/Kota terbentuk hingga saat ini baru Kota Samarinda dan Balikpapan, maka tugas kami membentuknya, sebut Rusmadi.

“Pekerjaan apapun kuncinya kreatifitas, jadi jangan pernah berhenti berkreasi dan berkarya, terus tingkatkan kualitas diri. Semua musisi di Kaltim mari bergabung dengan PAPPRI, melalui organisasi profesi ini kita bina anak-anak Kaltim bertalenta untuk mencintai musik dan budaya,” serunya.

Sementara itu Sekretaris PAPPRI Kaltim, Yusuf Koen menambahkan banyak talenta muda di Kaltim yang tidak kalah dengan pulau Jawa. Hanya saja, kurang media untuk mempublikasikan talenta tersebut.

“Dengan adanya PAPPRI kita bisa merekrut mereka untuk tergabung dalam organisasi ini dimana PAPPRI nanti bisa memberikan motivasi atau dukungan serta arahan agar mereka tidak kalah dengan talenta pulau jawa. Apalagi dalam menyambut IKN kita tidak boleh tertinggal. PAPPRI tugasnya memberikan pengetahuan secara tugasnya, musikalitas dan sertifikasi,” terangnya.

Yusuf pun berharap dengan adanya PAPPRI semua rekan-rekan musisi bisa menjadi satu kesatuan.

“Tidak ada lagi kelompok-kelompok, kita satu bangsa, satu frekuensi, satu tujuan, sehingga dengan adanya PAPPRI kita bisa mengangkat nilai-nilai budaya di Kaltim semakin kuat dan mendunia,” imbuhnya. (cht/pt)