Artikel

Erna Yuliana Dorong UMKM Balikpapan: "Action Aja Dulu!"

  •   Ceppy
  •   20 Juli 2024
  •   11:07am
  •   Artikel
  •   170 kali dilihat

Balikpapan - Program podcast mingguan Diskominfo Kaltim, Ngobrol Pintar dan Inspiratif (Ngopi Sore), kembali hadir, Kamis (18/07/2024), dengan topik "UMKM Balikpapan Siap Bersaing untuk Nusantara". Acara ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya, salah satunya adalah Erna Yuliana, Owner Dapur Docha.

Dalam obrolan santai tersebut, Erna mengungkapkan bahwa bisnis UMKM di Balikpapan memiliki peluang besar di masa depan. Kehadiran Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur dianggapnya sebagai kesempatan emas bagi para perintis UMKM.

 

“Kehadiran IKN adalah potensi besar. Sebagai pelaku UMKM pemula (3 tahun), saya sempat minder melihat usaha teman yang lebih besar. Namun, saya sadar bahwa tetap berada di zona nyaman hanya akan membuat saya terjebak di sana. Buat apa saya membuat produk jika tidak untuk pasar nasional dan global? Jadi, sebelum produk kita masuk ke IKN, kita harus memastikan legalitas produk kita agar tidak dianggap abal-abal,” ungkap Erna.

 

Sebagai pemilik UMKM yang mengandalkan makanan rumahan dan nusantara, Erna mampu meraih sukses di bidangnya. Ia juga mengemukakan bahwa kaum wanita, khususnya ibu rumah tangga, memiliki potensi besar dalam dunia bisnis UMKM.

 

“Wanita itu serba bisa. Tipsnya, coba masakan nusantara yang kita buat, di-upload ke media sosial dengan caption yang lucu dan menarik. Dari situlah saya memulai. Media sosial adalah jembatannya. Bagaimana cara kita mengambil gambar masakannya, tidak perlu takut jika ada yang pesan. Ada teman dan YouTube yang bisa membantu. Intinya, memulai dulu dan berani,” tegas Erna.

 

Nama "Dapur Docha" sendiri berasal dari kata "dapur" sesuai keahlian Erna, dan "docha" yang merupakan gabungan dari kata "donat" dan "acha", menciptakan nama unik yang menarik perhatian.

Di akhir sesi podcast Ngopi Sore, Erna Yuliana mengajak dan memberikan tips kepada kaum wanita, terutama ibu rumah tangga, untuk berani terjun sebagai pelaku bisnis UMKM.

 

“Khusus untuk ibu rumah tangga, mari ciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan membantu perekonomian kita serta perekonomian daerah. Maju saja, mulai saja, action aja dulu!” serunya dengan penuh semangat.

 

(alda/cpy/pt)

 

Foto: Dok. Ngopi Sore