Artikel

Bendera Penuh Sejarah Ikut Apel

  •   Teguh Prasetyo
  •   28 Januari 2022
  •   9:11am
  •   Artikel
  •   1256 kali dilihat

Kutai Kartanegara - Peringatan Peristiwa Perjuangan Merah Putih Ke 75 tahun 2022 tampak berbeda kali ini, ada yang mencuri perhatian penulis Kamis (26/1/2022) pagi. Dikawal langsung oleh 7 (tujuh) pemuda menggunakan mobil bak terbuka.

Bendera Merah Putih asli hasil sobekan bendera Belanda pada peristiwa 27 Januari 1947 ikut dihadirkan. Warnanya tampak kusam namun penuh makna sejarah.

Dikemas apik didalam kotak kaca berukuran sekitar 40 x 30 cm, Bendera yang merupakan saksi bisu penuh sejarah itu mendapat tempat yang sangat istimewa.

Dibawa langsung dari Museum Perjuangan Merah Putih Sanga-Sanga oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) kemudian dibawa ke lapangan Sepak Bola milik PT. Pertamina EP Asset 5 Field Sangasanga.

Mengutip Wikipedia bendera Belanda yang terdiri dari tiga warna merah, putih dan biru ini dirobek warna birunya, kemudian dikibarkan pada upacara yang dihadiri para pejuang dan seluruh masyarakat dengan berteriak "Merdeka".

Seraya ingin menyaksikan secara langsung semangat para generasi penerus saat ini, saksi sejarah berupa bendera itu ditempatkan di tempat paling depan. (tp/pt)