Aplikasi

Upayakan Pengamanan Dokumen, BSSN Kembangkan Aplikasi SELECTION

  •   prabawati
  •   7 September 2021
  •   3:21pm
  •   Aplikasi
  •   452 kali dilihat
  •  

Samarinda - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) berupaya mengembangkan aplikasi pengamanan dokumen elektronik yang dapat berbagi pakai antar Instansi Pemerintah.

Pengembangan produk karya mandiri BSSN yaitu Aplikasi SELECTION Versi 3.0 (Secure File Encryption) yang berfungsi untuk enkripsi/dekripsi file, berbasis windows, dan memiliki fitur autentikasi lisensi mandiri serta penerapan aspek kriptografis pada fitur keamanannya.

Saat dikonfirmasi di Ruang TIK Diskominfo Kaltim, Sandiman Penyelia dari Direktorat Proteksi Pemerintah, Sahyadi mengatakan Selection merupakan aplikasi produk karya mandiri BSSN yang memiliki fungsi untuk pengamanan file digital.

"Karena ini programnya BSSN dalam mendukung atau mewujudkan Seruan Presiden dalam hal Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), untuk itu BSSN coba mewujudkannya," ungkap Sahyadi, Selasa (7/9).

Selection yang akan didistribusikan ke 34 Provinsi se-Indonesia ini dapat beroperasi secara online di perangkat PC Dekstop/Laptop dengan sistem operasi windows.

Pengembangan aplikasi ini juga untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya sesuai Perpres Nomor 95 tahun 2018, dimana setiap instansi pemerintah dituntut dapat menyelenggarakan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Dalam hal ini Pemprov Kaltim mendapatkan 5 dongle dan 1 Padlock dengan rincian 3 perangkat diinstal untuk TU Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekda. Sebanyak 2 perangkat diinstal di Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim.

Dia berharap dengan dilaksanakan distribusi ini, Dinas Kominfo Kaltim dapat mengelola atau mengamankan informasi menjadi lebih baik lagi. (Prb/as)