Aplikasi

Sambut Baik Aplikasi SIDA, Diskominfo Sosialisasi ke BKD

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   7 Mei 2021
  •   11:38am
  •   Aplikasi
  •   120 kali dilihat
  •  

SAMARINDA— SIDA (Sistem Informasi Digital Administrasi) kembali disosialisasikan ke Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kaltim. Kali ini, giliran Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov Kaltim yang disambangi oleh tim Pranata Komputer Ahli Muda dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim, Jumat (7/5/2021).

Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika (Aptika) Diskominfo Kaltim, Normalina mengatakan setelah Dinas Penamaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Dinas Kesehatan Prov Kaltim, BKD merupakan salah satu yang menjadi  Pilot Project untuk SIDA. Hal ini, karena sebelum Diskominfo meluncurkan aplikasi, BKD telah menghubungi dan menyatakan keinginan untuk  menggunakan aplikasi ini.

“BKD adalah OPD ketiga yang kami datangi. Yang dibutuhkan adalah komitmen kuat dari pimpinan. Kebetulan BKD sangat responsif dengan aplikasi ini. Sehingga, BKD menjadi salah satu Pilot Project dan dalam satu bulan ini semoga bisa diterapkan di BKD,” terang Normalina.

Di tempat yang sama, Pranata Komputer Ahli Muda, Fery menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari dua versi sebelumnya. Diskominfo sudah memiliki ini tiga tahun kebelakang dan dua tahun ini penerapannya.

“Kami memperkenalkan aplikasi tata naskah, yang tujuannya untuk mempermudah dalam hal administrasi perkantoran yang selama ini kita menggunakan manual. Nantinya, akan kita upayakan untuk paperless. Aplikasi ini bisa kita gunakan dimana saja, Kepala Dinas yang ada di luar kota bisa mendisposisikan tugas untuk staffnya,” jelas Fery.

Aplikasi SIDA sendiri nantinya akan diterapkan disemua Perangkat Daerah Provinsi Kaltim, hal ini akan memudahkan koordinasi surat menyurat baik internal maupun eksternal di lingkungan Pemprov Kaltim yang terintegrasi dalam satu tata naskah digital, sehingga dapat terwujud pelayanan yang cepat efektif efisien dan akuntabel. (cht/pt).