Aplikasi

Pentingnya Pengembangan Kompetensi ASN Melalui Corporate University

  •   prabawati
  •   23 Maret 2022
  •   11:32am
  •   Aplikasi
  •   178 kali dilihat
  •  

Balikpapan - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim melaksanakan Rapat Koordinasi dengan tema Pengembangan Kompetensi ASN Terintegrasi menuju BPSDM Kaltim Corporate University di Hotel Novotel, Selasa (23/3).

Rakor diikuti para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi, para pejabat struktural dan para pejabat fungsional Widyaiswara lingkup BPSDM Provinsi Kalimantan Timur, serta para Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten/Kota se Kaltim dibuka langsung oleh Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kaltim, M. Sa’duddin.

 Dalam arahannya di era kemajuan teknologi ini jajaran birokrasi di pemerintahan mengalami perubahan yang sangat besar mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat sehingga diperlukan peningkatan SDM ASN.

Pengembangan kompetensi dengan ASN Corporate University adalah satu pendekatan baru dalam pengembangan kompetensi ASN.

Dengan pendekatan ASN Corporate University diharapkan kegiatan pengembangan kapasitas ASN dapat lebih efektif, efisien dalam mencapai tujuan yang diharapkan, inilah yang perlu ditingkatkan dalam menjalankan tugas dan fungsi BPSDM di Provinsi maupun Kab/Kota dan instansi terkait.

Melalui Rakor ini terjalin kerjasama yang baik yang teroganisir, terintegrasi dan dengan persepsi yang sama untuk mencapai tujuan yang sama pula, sesuai dengan Visi dan Misi yang diemban BPSDM.

Kepala BPSDM, Nina Dewi, mengatakan bahwa Rakor dilaksanakan secara luring dan daring. Lebih lanjut dikatakan, bahwa Rakor dimaksudkan untuk meningkatkan sinergi dan komitmen bersama dalam penyelenggaraan pengembangan kompetensi ASN yang terintegrasi di lingkungan Pemprov Kaltim dan Kabupaten/Kota se Kaltim.

Sementara Kepala BPSDM Kementerian Dalam Negeri, Sugeng Hariyono, mengingatkan bahwa fungsi BPSDM Provinsi adalah Sertifikasi dan Pengembangan Kompetensi. Sedangkan fungsi BPSDM Kabupaten/Kota adalah Pengembangan Kompetensi.

Ia juga menyampaikan bahwa setidaknya arah pengembangan kompetensi ASN meliputi peningkatan kemampuan teknis dan penguatan jabatan fungsional, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan cepat beradaptasi pada lingkungan yang berubah. (MJE/Prb/ty).