Aplikasi

Optimalisasikan Pengarusutamaan Gender Melalui Aplikasi KLIK SI GEN

  •   prabawati
  •   30 Agustus 2023
  •   6:35am
  •   Aplikasi
  •   719 kali dilihat

Balikpapan - Strategi pembangunan Pengarusutamaan Gender (PUG) diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat bisa terlibat dalam pembangunan.

 Dalam upaya optimalisasi Implementasi PUG, Tim Driver PUG Kaltim  (BAPPEDA, BPKAD, Inspektorat dan DKP3A) memiliki peran dan kewenangan penting sebagai lembaga PUG.

 Guna memudahkan peran seluruh anggota Pokja PUG dalam impelemntasi PUG melalui Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) dan juga Tim driver dalam mengawal kualitas anggaran responsif gender (ARG) maka dilakukan digitalisasin PPRG melalui Aplikasi KLIK SI GEN.

 Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kalimantan Timur, Noryani Sorayalita, pada Penyusunan GAP dan GBS melalui Aplikasi KLIK SI GEN, di Hotel Golden Tulip, Selasa (29/8).

 

 Berdasarkan Coaching Klinik Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (Klik Si Gen) dalam pendampingan penyusunan GAP dan GBS SKPD pada tahun 2022 terdapat 11,38 persen.

 Jika bandingkan dengan pagu APBD Kaltim tahun 2022 sebesar 16 triliun, tentu persentasi ini belum menggambarkan sebuah penganggaran yang adil untuk laki laki dan perempuan.

 Walaupun sudah dimandatkan memalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2022 total ARG Tahun 2023 sampai semester satu masih jauh dari target sebesar 14 persen.

 "Proses penyusunan Anggaran Responsif Gender (ARG) secara manual banyak mengalami kendala,"sebutnya.

 Salah satu kendala tersebut yakni belum terintegrasi dengan proses penginputan SIPD, sehingga diperlukan sebuah percepatan penyusunan ARG melalui Aplikasi KIik Si Gen.

 Proses input melalui KLik SI Gen  ini dilakukan oleh seluruh  Perangkat Daerah untuk menjadi  media yang menjebatani penyusunan GAP GBS dengan Proses SIPD dalam pemyusnan RKA DPA sesuai dengan siklus penyusunan perencanaan pembangunan .

 Diharapkan integrasi ARG kedalam SIPD memberikan peningkatan kualitas baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi  dan pelaporan.

 Kegiatan Penyusunan GAP dan GBS melalui Aplikasi KLIK SI GEN diikuti seluruh Perangkat Daerah di Kaltim. (Prb/ty)