Aplikasi

Jelajah Pengetahuan Melalui Layanan Perpustakaan Digital

  •   prabawati
  •   18 Mei 2021
  •   5:41pm
  •   Aplikasi
  •   158 kali dilihat
  •  

Samarinda--- Digitalisasi perpustakaan saat ini menjadi aspek terpenting. Perpustakaan sebagai penyedia informasi, harus tetap eksis dalam melayani kebutuhan masyarakat di masa pandemi.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana mengungkapkan dalam menyediakan bahan bacaan atau meningkatkan perannya sebagai supplier informasi pada seluruh masyarakat Indonesia. Perpustakaan RI telah mengembangkan berbagai layanan digital yakni salah satunya Tanya Pustakawan Virtual dan Diseminasi Paket Informasi Terseleksi.

Ofy memaparkan melaui Tanya Pustakawan Virtual masyarakat Indonesia dapat berinteraksi dan bertanya langsung kepada pustakawan referensi mengenai kebutuhan informasi, baik berupa data informasi maupun bahan bacaan terkait sumber bahan bacaan terpercaya.

Tanya Pustakawan Virtual telah mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia sejak 17 Maret 2020
tercatat sebanyak 12.310 orang telah memanfaatkan.

Kemudian layanan Diseminasi Paket Informasi Terseleksi, masyarakat dapat mengajukan pemesanan paket informasi terseleksi untuk dikirimkan secara reguler setiap bulan melalui email untuk mendapatkan bahan bacaan yang sesuai dengan minatnya baik berbentuk buku maupun juga jurnal.

Layanan tersebut mulai diluncurkan Bulan Februari 2021 dan sudah dimanfaatkan masyarakat sebanyak 332 pusaka yang telah dikirimkan paket informasi terseleksi setiap bulan sesuai subjek yang diminati.

"Kedua layanan digital tersebut merupakan pengejawantahan atas arahan kepala perpustakaan Nasional terkait dengan peran perpustakaan sebagai lembaga yang melaksanakan fungsinya untuk melakukan transfer pengetahuan,"tegasnya pada acara webinar manfaat digitalisasi Perpustakaan Nasional secara virtual, Selasa (18/5)

Lanjutnya melalui layanan digital ini masyarakat dapat menjelajah pengetahuan dengan tidak terbatas ruang dan waktu.

Perpustakaan juga telah memberikan kesempatan yang sama dan akses seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Indonesia atas bahan bacaan yang beragam dan berkualitas

Untuk itu, dalam memperingati HUT ke 41 Perpusnas RI pihaknya ingin berbagi informasi sekaligus promosi terkait berbagai layanan digital yang terselenggara di Perpustakaan Nasional. (Prb/ty)