Aplikasi

Besok, Kab/Kota dan PD Lingkup Pemprov Kaltim Terima SP4N-LAPOR! Award

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   6 Maret 2024
  •   7:54pm
  •   Aplikasi
  •   188 kali dilihat

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menggelar acara SP4N-LAPOR! Award 2024. Penghargaan tersebut akan diberikan kepada Kabupaten/Kota dan Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemprov Kaltim di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (7/3/2024).

Pranata Humas Ahli Muda, Andi Abd Razaq menjelaskan untuk memberikan apresiasi atas prestasi dalam penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

Penghargaan tersebut mencakup kategori-kategori seperti pengelolaan SP4N LAPOR! di kabupaten/kota terbaik, di OPD terbaik, dan admin terbaik serta Website dan Medsos terbaik. Hal ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak pihak untuk aktif menggunakan aplikasi ini dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kaltim.

“Setelah melakukan pengawasan selama satu tahun pada 2023, dibentuklah sebuah tim penilai yang terdiri dari berbagai instansi terkait, termasuk Kominfo, Inspektorat, Ombudsman, dan LSM. Penilaian dilakukan secara menyeluruh, mengukur tidak hanya tingkat keterlibatan masyarakat, tetapi juga kecepatan, kualitas, dan kepatuhan terhadap regulasi,” jelas Andi.

Hasil dari evaluasi tersebut, lanjutnya, menunjukkan bahwa beberapa kabupaten/kota dan OPD telah menonjol dalam penerapan aplikasi SP4N - LAPOR!. Sebanyak tiga kabupaten/kota dan lima OPD diakui atas dedikasi dan kinerja mereka yang luar biasa dalam melayani masyarakat.

“Pembinaan dan evaluasi terhadap aplikasi ini akan terus dilakukan setiap tahun, sebagai upaya untuk memastikan bahwa pelayanan publik di Kaltim terus mengalami peningkatan yang signifikan,” kata Andi.

Acara penganugerahan penghargaan SP4N - LAPOR! diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam upaya memperkuat keterlibatan masyarakat dalam proses pemerintahan.

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, aplikasi yang lahir dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) ini telah menjadi tonggak penting dalam menjembatani interaksi antara pemerintah dan masyarakat. (cht/pt)