Aplikasi

Antusiasme DLH Prov Kaltim Belajar Aplikasi SIDA

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   19 Mei 2021
  •   11:49am
  •   Aplikasi
  •   107 kali dilihat
  •  

SAMARINDA— Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov Kaltim kembali melakukan sosialisasi Sistem Informasi Digital Administrasi (SIDA). Kali ini giliran staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov Kaltim yang diberikan pemahaman mengenai tata cara penggunaan aplikasi tersebut, Rabu (19/5/2021).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ence Ahmad Rafiddin Rizal mengatakan DLH sangat menyambut baik adanya aplikasi ini. Sesuai dengan Perpres Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) suka tidak suka harus harus dituntut mengikuti guna menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, efektif dan efisien.

“Saya kira kawan-kawan manfaatkan saja aplikasi ini. Nanti kita pikirkan mana yang kita lakukan dengan manual mana yang harus pakai SIDA. Mumpung ada tim dari Diskominfo, belajar pengggunaan aplikasi ini sampai tuntas,” katanya.

Menurut Rizal, SIDA dapat mempermudah sistem kehadiran, laporan dan penerbitan surat perintah tugas lebih cepat dikoordinasikan di setiap perangkat daerah. Terlebih tidak perlu menunggu pejabat yang bersangkutan ada di tempat, karena bisa bekerja sekalipun sedang di luar daerah.

“Ini mempermudah kita. Kita akan menggunakan ke yang sifatnya rutin misalnya surat masuk dan keluar. SIDA membuat surat menyurat dinas tertib, terarsip dengan baik dan benar serta rapi. Selain itu mempermudah kita untuk berkoordinasi kapan dan dimana saja,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Aplikasi dan Telematika Diskominfo Kaltim, Normalina menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan pengembangan dari dua versi sebelumnya. Diskominfo sudah memiliki ini tiga tahun kebelakang dan dua tahun ini penerapannya.

“Kami memperkenalkan aplikasi tata naskah, yang tujuannya untuk mempermudah dalam hal administrasi perkantoran yang selama ini kita menggunakan manual. Nantinya akan kita upayakan untuk paperless. Aplikasi ini bisa kita gunakan dimana saja, Kepala Dinas yang ada di luar kota bisa mendisposisikan tugas untuk staffnya,” jelasnya.

Aplikasi SIDA sendiri nantinya akan diterapkan disemua Perangkat Daerah Provinsi Kaltim, hal ini akan memudahkan koordinasi surat menyurat baik internal maupun eksternal di lingkungan Pemprov Kaltim yang terintegrasi dalam satu tata naskah digital, sehingga dapat terwujud pelayanan yang cepat efektif efisien dan akuntabel. (cht/pt)