Anti Hoax

Tangani Diseminasi Informasi Dengan Kolaborasi dan Sinergi

  •   resa septy
  •   23 September 2021
  •   6:36pm
  •   Anti Hoax
  •   223 kali dilihat

Samarinda - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memegang peranan penting dalam menjembatani informasi antara Pemerintah dan masyarakat. Terlebih dalam menyongsong provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibukota Negara baru.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Faisal menyerukan KIM untuk dapat mengambil langkah kolaborasi dan sinergi dalam upaya penanganan diseminasikan informasi kepada masyarakat luas.

“KIM ini penting, jangan berjalan sendiri harus kolaborasi, harus sinergi. Mari ajak pembentukan KIM di kecamatan atau kabupaten/kota. Cari potensinya. Jangan sampai ini hanya menjadi diseminasi infomasi saja,” ajak Faisal pada kesempatannya berbincang dalam Webinar “Peran KIM Terhadap IKN” di Atrium BigMall Samarinda, Kamis (23/9).

Kolaborasi antar instansi dicontohkan Faisal dapat menjadi opsi untuk sinergitas peranan KIM yang nantinya dimediasi kembali oleh anggotanya. Ia menyebutkan jika strategi ini sudah berjalan, mendesiminasi informasi dengan memanfaatkan potensi dan promosi. Maka terwujudlah peningkatan kesejahteraan.

Sementara itu, disisi lainnya, tak dipungkiri bahwa terdapat tantangan berat yang saat ini tengah dirasakan yakni cepatnya penerimaan informasi oleh masyarakat. Faisal berharap dengan adanya KIM di Kaltim ini, maka pendampingan penerimaan informasi dapat dilakukan dengan maksimal guna menghalau berbagai disinformasi yang beredar. (resa/pt)