Anti Hoax

Literasi Media Tangkal Hoaks diikuti oleh Siswa Sekolah, Mahasiswa Universitas dan Penggiat Media

  •   Hendra Saputra
  •   16 Maret 2023
  •   2:34pm
  •   Anti Hoax
  •   758 kali dilihat

Balikpapan - Dalam rangka menangkal Hoaks yang terjadi di Kalimantan Timur Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur menggelar Kegiatan Literasi Media Tangkal Hoaks.

Kegiatan tersebut diikuti peserta yang berasal dari SMA 5 Balikpapan, SMK 5 Balikpapan, SMK Nusantara Balikpapan, Mahasiswa Universitas Mulia Balikpapan dan dari Penggiat Media.

Adapun tema acara ini yaitu "Sukseskan Pemilu 2024 dan Jaga Iklim Kondusif di Kalimantan Timur", bertempat di Ballroom Hotel Grand Jatra Balikpapan, Kamis (16/3/2023).

Sekretaris Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kaltim, Ahmad Yani, menyambut baik kegiatan ini.

"Kita apresiasi Diskominfo Kaltim memberikan literasi media, untuk di media khususnya tidak ada masalah. Saya rasa kalo berita dimedia itu berbasis data, memberikan edukasi kepada adek-adek kita selama ini khususnya di media sosial agar ketika mendapatkan informasi dikira itu ada miss konfirmasi perlu dilakukan verifikasi untuk mengecek kemedia-media mainstream seperti dimedia saat ini bahkan melalui portal media.

Lanjutnya, harapannya jika kebanyakan yang berita didapatkan hoaks,  suportlah dengan kegiatan ini.

Ia berharap mudah-mudahan literasi ini dapat berjalan baik agar kedepan pemilu 2024 dapat berjalan dengan baik.

"Saya pikir juga termasuk pelaku parpol itu sendiri dan tim-tim mereka agar melakukan memberikan informasi yang akurat secara pakta dari dari segi peserta pemilu atau tim untuk mensukseskan pemilu itu sendiri harus memberikan kepada masyarakat yang sebenar-benarnya, harapnya.

Ditempat yang sama Ketua OSIS SMAN 5 Balikpapan, Shakira saat ditemui mengatakan cukup senang dan terfasilitasi kegiatan seperti ini.

"Kegiatan ini untuk menangkal hoaks dalam mencegah kondusif pada pemilu 2024. Kegiatan ini bisa berlanjut  tidak hanya hari ini saja tapi mungkin ada kegiatan dibulan-bulan berikutnya.  Mungkin hanya ada sekolah ini sekarang tapi nanti ada dari sekolah-sekolah lainnya berpartisipasi dalam acara ini, "terangnya.

Adhinda Retno Wahyuningrum dari Universitas Mulia Balikpapan menyampaikan untuk kegiatan hari ini sangat seru dan juga peserta yang hadir dari sekolah-sekolah dan universitas ada beberapa Rektor dan kepala sekolah ikut juga dalam kegiatan ini mereka pasti sepakat untuk membantu mensukseskan pemilu dan penyebaran hoaks.

"Untuk penyebaran hoaks lebih dishering lagi dan lebih menyaring untuk mensharing, sebelum kita sharing apapun itu lebih disharing lagi dicari tahu lagi kebenarannya, " imbuhnya.

Ia pun berharap ke depan dapat menghentikan hoaks walaupun itu susah. (hend/pt)