Anti Hoax

Kominfo Temukan 1.387 Jenis Hoax

  •   prabawati
  •   27 Januari 2021
  •   6:46am
  •   Anti Hoax
  •   313 kali dilihat

Samarinda---Staf khusus Menteri Kominfo RI Bidang IKP, Taransformasi Digital dan Hubungan Antar Lembaga, Rosarita Niken Widiastuti menyebutkan data dari Januari 2020 sampai sekarang ada sebanyak 1.387 jenis hoax yang beredar.

"Kalau satu hoax diviralkan, kemudian masuk di gadget 1.000 orang, ini sangat bahaya sekali," sebutnya saat menjadi Narasumber dalam suara untuk negeri yang digelar Heartline Network, dengan tema strategi-strategi melawan Hoax, secara virtual, Selasa (26/1)

Dari 1.387 platform media sosial, dari Facabook yang diadukan 1.625 aduan, Instagram 21 aduan, dan twitter 486 aduan.

Sedangkan yang sudah di take down ada 1.436 aduan dari Facebook, dari Instagram 17 aduan, twitter 432 aduan dan youtube 22 aduan.

Menurut Niken setiap hari kominfo mengeluarkan satu rilis klarifikas menenai Hoax dengan melakukan wawancara langsung dengan ahlinya terkait yang memiliki otoritas untuk memberikan jawaban terhadap Hoax itu.

"Hal yang penting itu critical thinking dari masyarakat, kita ajak mereka untuk selalu waspada terhadap semua informasi yang ada di dalam media tidak hanya media sosial tapi media digital,"tuturnya

Untuk memberantas Hoax, bukan hanya tugas pemerintah saja tetapi masyarakat harus ikut memerangi Hoax, dimana dampak dari Hoax sangat luar biasa.

Diterangkannya, Kominfo juga melakukan kerjasama dengan seluruh stakeholder baik dari lembaga-lembaga keagamaan, komunitas-komunitas perguruan tinggi dan komunitas anak muda untuk bersama-sama dirangkul agar dapat memberikan literasi, bahwa informasi di media sosial itu tidak semuanya benar-benar. (Prb/ty)