Anti Hoax

Cegah Hoaks dengan Tingkatkan Literasi Digital

  •   Teguh Prasetyo
  •   25 Maret 2022
  •   1:27pm
  •   Anti Hoax
  •   260 kali dilihat

Samarinda – Akademis Universitas Mulawarman, Silviana Purwanti memberi imbauan ke mahasiswa dan masyarakat untuk terus tingkatkan literasi digital, ini penting guna menangkal Hoaks.

Hal ini diungkapkan saat menjadi narasumber pada Talkshow dengan tema Tangkal Hoaks Jelang 2024 yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kaltim di Atrium Big Mall Samarinda, Kamis (25/3/2022).

“Mahasiswa itu harus lebih cerdas, karena mereka sudah menggenggam alat cerdas yaitu smartphone,” jelas Silvi.

Lemahnya literasi digital membuat mahasiswa itu membara, mereka tidak cek mereka hanya melihat judul yang provokatif dan mereka share tanpa ada saring terlebih dahulu, Dosen Ilmu Komunikasi itu juga berpesan agar mendalami berita itu terlebih dahulu ke sumbernya.

Di Indonesia, hoaks mulai marak sejak tahun 2014 sebagai dampak gencarnya kampanye di media sosial. Hoaks bermunculan guna menjatuhkan citra lawan politik.

Dosen Media dan Budaya Fisip Universitas Mulawarman ini juga memberikan saran kepada dinas terkait agar dapat memanfaatkan Blasting, tambahnya.

“Ini bisa dimanfaatkan dengan sms atau whatsapp untuk mengingatkan masyarakat agar jangan share (disebarkan) sesuatu yang belum disaring,” jelasnya.

Sebagai dosen yang telah memiliki gelar Doktor, Silvi memiliki trik khusus agar masyarakat dapat menelusuri foto di google image kemudian di search lalu muncul detail tentang foto yang kita cari, sarannya menginfokan. (tp/pt)