Anti Hoax

Besok, Literasi Tangkal Hoaks Akan Sambangi SMA 5 Balikpapan

  •   Nichita Heryananda Putri
  •   20 Juli 2022
  •   7:01pm
  •   Anti Hoax
  •   140 kali dilihat

Samarinda - Gerakan Anti Hoaks Jurnalis Kalimantan Timur kembali akan memberikan literasi digital terkait menangkal hoaks bagi kalangan pelajar. Setelah berkunjung ke sekolah di Samarinda beberapa waktu lalu, selanjutnya bergerak menuju SMA 5 Balikpapan pada besok, Kamis 21 Juli 2022.

Masih dengan kepentingan yang sama, menyasar kaum pelajar dirasa sangat penting untuk lebih mengenalkan bahaya hoaks. Pasalnya, remaja sangat rentan menerima informasi yang tidak benar. Hal ini dikarenakan kalangan muda setiap saat bersinggungan dengan penggunaan media sosial.

“Mereka (anak-anak muda) paling rentan terhadap hoaks. Tiap saat pakai medsos. Kemampuan teknologi mereka semakin canggih. Jadi harus terus gencar memberikan edukasi dan literasi digital terkait menangkal hoaks untuk mencegah hal-hal negatif yang ada,” papar Ketua Charles Siahaan saat dihubungi perihal kegiatan tersebut, Selasa (20/7/2022)

Selain itu, lanjutnya, literasi digital ini juga menekankan bahwa sebentar lagi tahun politik akan mulai memanas. Diwaspadai terkait berita-berita hoaks yang akan merajalela dan meningkat intensitasnya. Karena itu, pelajar harus dibekali ilmu dan pengetahuan yang lebih mendalam terkait disinformasi mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) nantinya.

“Mereka harus memahami dunia Media Sosial (medsos) lebih dalam sehingga, mereka bisa menerima informasi dengan lebih bijak. Hoaks jelang pemilu harus bisa mereka pilih dan pilah lebih teliti agar tidak mudah terprovokasi,” tutup pria yang akrab disapa Ucok itu.

Literasi Digital Menangkal Hoaks juga berkolaborasi dengan para narasumber dari  Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Tri Wahyuni, DPRD Kaltim Dr. H. Rusman Ya’qub, serta Diskominfo Kaltim Muhammad Faisal.

Kegiatan tersebut juga dapat disaksikan secara live stream melalui akun media sosial instagram, facebook dan youtube Diskominfo Kaltim serta akun facebook BusamID mulai pukul 13.00 WITA (cht/pt)