Anti Hoax

Bahaya Hoaks Di Semua Lini Kehidupan

  •   Hendra Saputra
  •   10 April 2022
  •   8:28am
  •   Anti Hoax
  •   161 kali dilihat
  •  

Samarinda –  Hoaks yang merupakan berita palsu sangat luar biasa bahaya di semua lini bagi kehidupan. Bahkan Pemerintah tiap hari saja ada puluhan dan ratusan penyangkalan dan klarifikasi yang diposting oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pusat tentang hoaks tersebut.

Hoaks bukan hanya cerita saja, tetapi menjadi agenda dari pemerintah mulai dari ada yang namanya penangkalan hoaks, artinya ini memang bahaya sekali.

Hal tersebut diungkapkan Charles Siahaan selaku Ketua Gerakan Anti Hoaks Jurnalis Kaltim saat menjadi narasumber dalam Podcast dengan tema Melawan Hoaks,  bertempat dikantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov. Kaltim, Sabtu (9/4).

Podcast tersebut diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur bersama Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Timur periode 2022-2025 disiarkan melalui kanal Youtube BusamID dipandu langsung oleh Ketua Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Kaltim, Tri Wahyuni dan menghadirkan narasumber Kepala Dinas kominfo Prov. Kaltim, H.M Faisal, Ketua Gerakan Anti hoaks Jurnalis Kaltim, Charles Siahaan, serta perwakilan dari anggota KPID yang baru dilantik.

Menurutnya cara satu -satunya harus dibuat cerdas bagaimana literalisasi digital bisa dilakukan di semua lini.  Kebetulan KPID Kaltim ini adalah pintu masuk maka yang harus kita lakukan sekarang bagaimana kewenangan yang diberikan oleh negara kepada KPID, kepada saya, kepada Diskominfo Kaltim untuk bisa menangkal Hoaks, ujar Charles.

“Berbahaya sekali Hoaks karena disesuaikan dengan beradaban. Tidak mungkin namanya Hoaks tidak di produksi sama orang sepanjang ada peradaban, maka Hoaks tetap akan ada, “ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut ia mengucapan selamat kepada anggota KPID yang baru di lantik , ada wajah lama dan ada wajah baru, tutup Charles. (hend/pt)