Agama

Kemenag Kaltim Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1443 H

  •   Rizky Kurniawan
  •   1 April 2022
  •   7:48pm
  •   Agama
  •   135 kali dilihat
  •  

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Kementerian Agama (Kemenag) Kaltim menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Ramadhan 1443 H di menara Asmaul Husna Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda, Jumat (1/4).

1 Ramadhan 1443 H menjadi sakral bagi umat muslim khususnya di Indonesia. Sebab selalu muncul kemungkinan terjadi adanya perbedaan awal Ramadhan karena metode penetapan yang digunakan tidak sama.

"Kita mengajak masyarakat untuk menunggu hasil sidang isbat hari ini," ucap Kakanwil Kemenag Kaltim H Masrawan.

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan rukyatul hilal menentukan awal 1 Ramadhan 1443 H, ada beberapa hal yang menjadi tujuan kita diantaranya instruksi dari Kemenag Pusat setiap Kanwil Kabupaten dan Kota harus menyaksikan rukyat pada awal Ramadhan di wilayah masing-masing.

"Kepada seluruh umat Islam, untuk menunggu dan menerima hasil keputusan sidang isbat oleh Pemerintah, sehingga umat Islam dapat melaksanakan ibadah Ramadhan dengan khusyu," terangnya.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Kaltim Adib mengatakan sidang isbat awal Ramadhan 1443 H digelar pada 1 April 2022 bertepatan dengan 29 Syaban 1443 H.

"Sidang isbat dilihat oleh kementerian agama sebagaimana amanah fatwa Majelis Ulama Indonesia atau (MUI) No 2 tahun 2004 tentang penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah," ucapnya.

Adib menjelaskan ada 4 hal yang diatur dalam fatwa tersebut pertama penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah dilakukan berdasarkan metode rukyah dan hisab oleh Pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Agama dan berlaku secara nasional.

Untuk diketahui, sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1440 hijriah rencananya akan secara tertutup setelah salat magrib sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan tim Kemenag pada 101 lokasi di seluruh Indonesia. (Rzk/ty).