Agama

Jokowi Salat Id di Istana Kepresidenan Yogyakarta

  •   Hendra Saputra
  •   2 Mei 2022
  •   1:07pm
  •   Agama
  •   87 kali dilihat
  •  

Yogyakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan momen Lebaran tahun ini di Yogyakarta. Tepatnya Jokowi Salat Id di Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta.

Persiapan untuk menggelar Salat Id sudah mulai dilakukan sejak sebelum pukul 05.30 WIB. Adapun Jokowi melaksanakan Salat Id bersama keluarga di Gedung Agung tepat pukul 06.32 WIB.

Masyarakat umum nampak berbondong-bondong dan antusias ingin ikut bergabung untuk Salat Id di Gedung Agung. Saat salat hendak dimulai, petugas memperbolehkan beberapa warga untuk masuk dan ikut Jemaah Salat Id di Istana. Sementara, beberapa masyarakat lain melaksanakan Salat Id di trotoar sekitaran kompleks Gedung Agung.

Salah satunya adalah Wiwit (50) warga Bumijo, Kota Yogyakarta yang tadinya hanya bisa Salat Id di luar area Gedung Agung tapi pada akhirnya bisa masuk. Ia mengaku datang sendirian sejak pukul 06.00 WIB untuk bisa ikut Salat Id.

"Infonya Pak Jokowi mau Salat Id di sini (Gedung Agung). Jadi saya pengin ikut Salat bareng Pak Jokowi," kata Wiwit, dikutip dari detikJateng.

Saya dari Bumijo, kalau keluarga yang lain salat Id di dekat rumah  imbuhnya.

Imam dan Khatib Salat Id di Istana Yogyakarta diketahui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Masmin Afif. Adapun  tema khutbah Salat Id hari ini adalah 'Solidaritas Sosial di masa Pandemi'.

Diketahui, Jokowi sudah tiba di Jogja sejak Sabtu (1/5) kemarin. Beberapa saat kemudian, dia membagikan sembako untuk masyarakat di sekitar kompleks Gedung Agung. (hend/pt)

Sumber :
- Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas - detikNews
- detikJateng