Agama

Isra Mi'raj Jadikan Moment Peningkatan Keyakinan Atas Ajaran Aqidah Islam

  •   Teguh Prasetyo
  •   25 Februari 2022
  •   10:52pm
  •   Agama
  •   1968 kali dilihat

Samarinda - Badan Pengurus Pengelola Islamic Center Provinsi Kalimantan Timur mengadakan peringatan Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah di Mesjid Baitul Mutaqqien Samarinda, Jumat (25/2/2022) malam. 

Adapun yang hadir terdiri dari Penceramah, KH. Andi Syamsul Bahri, Ketua Umum Pengurus Besar Darud Da'wah Wal Irsyad dan Guru Besar Pengkajian Kepahaman Ahlusunnah Wal Jamaah di Brunai Darusallam dan Malaysia. 

Mewakili Gubernur Kaltim, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak dalam sambutannya mengungkapkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dengan visinya Berani untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat dalam pelaksanaan pembangunan di bidang agama, menekankan pada upaya menjadikan masyarakat Kaltim yang religius dan berakhlak mulia. 

Isra Mi’raj merupakan salah satu peristiwa sejarah yang penuh hikmah, yaitu peristiwa yang dialami langsung oleh Nabi Besar Muhammad SAW. Perjalanan yang penuh makna dan hikmah yang melebihi kemampuan, jangkauan akal dan pikiran manusia, yang membuktikan betapa Maha Kuasa dan Maha Agungnya Allah SWT, sebutnya.

Peristiwa Isra Mi'raj juga memberikan pembelajaran kepada umat manusia untuk senantiasa menuntut ilmu pengetahuan dan teknologi, mengakui kebesaran Tuhan dan menghargai Muhammad sebagai Rasulullah. Kewajiban shalat lima waktu yang merupakan buah dari perjalanan Isra Mi'raj, akan memberikan dampak psikologis kepada kita untuk senantiasa mengingat Allah dan menjadi benteng diri dari berbuat keji dan munkar, sambungnya seraya menambahkan. 

"Pada peringatan Isra Mi'raj Nabi Besar Muhammad SAW ini saya mengharapkan agar kita semua dapat menjadikannya sebagai momentum yang tepat dalam rangka meningkatkan kewaspadaan yang didasari oleh meningkatnya iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena itu, hikmah terpenting dari peringatan Isra Mi'raj adalah peningkatan keyakinan atas ajaran aqidah Islam," pesannya.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Andi M Ishak mengimbau sekaligus mengajak Marilah kita bersama terus berusaha menjalin kekompakan, persatuan dan kesatuan. Dengan hikmah Isra Mi'raj Rasulullah SAW. Marilah kita bangun peradaban yang unggul untuk mewujudkan Kaltim yang sejahtera, berdaulat dan bermartabat 

Andi M Ishak yang juga Juru Bicara Covid 19 Pemprov Kaltim juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir, dengan hadirnya varian Omicron telah membuat pandemi kembali meningkat. Oleh karena itu, saya mengimbau kembali kepada seluruh hadirin untuk terus senantiasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dimana pun berada.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua BPIC Awang Dharma Bhakti, Ketua MUI Kaltim Muhammad Rasyid dan Sekretaris Dinas Kominfo Kaltim, Edi H Noor. (tp/pt)