Agama

Gerakan Cinta Zakat, Tidak Sekedar Memberikan Kesejahteraan, Tetapi Juga Menolak Bala di Kaltim

  •   resa septy
  •   27 April 2021
  •   5:29am
  •   Agama
  •   491 kali dilihat

SAMARINDA - Pandemi Covid-19 nyatanya tidak menjadi penghalang bagi umat Muslim yang berkecukupan untuk menunaikan zakat fitrah maupun zakat harta. Terlebih hal tersebut dilakukan di bulan suci Ramadhan sebagai penyempurna ibadah puasa.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov Kaltim, Badan Amil Zakat Nasional Prov Kaltim dan Bankaltimtara serta BUMN/BUMD/BUMS dalam hal ini kembali menyerukan agenda rutin Kaltim Berzakat Tahun 2021.

Bertemakan “Gerakan Cinta Zakat”, kegiatan ini berlangsung di Mesjid Pemprov Kaltim Nurul Mu’minin, Selasa (27/04/2021).

Penyerahan dana zakat secara simbolis diberikan oleh Direksi dan Pegawai PT BPD Kaltim Kaltara sebesar 2,6 milyar, zakat profesi PT Migas Mandiri Pratama Kaltim sebesar 119 juta, dan zakat profesi ASN Kemenag Prov Kaltim senilai 70 juta kepada Baznas Prov Kaltim secara resmi disaksikan oleh Wakil Gubernur Prov Kaltim, Hadi Mulyadi.

“Salah satu bentuk kesadaran kita akan kewajiban ialah dengan melaksanakan infaq, zakat dan sedekah. Zakat infaq yang ada di Kaltim tidak hanya sekedar memberikan kesejahteraan terhadap fakir miskin, tetapi juga menolak bala yang ada di Kaltim. Kita juga berharap seluruh OPD menyalurkan zakat,infaq dan sedekahnya kepada Baznas dengan harapan menolak bala dan menjadi rahmat kepada kita semua,” ujar Hadi Mulyadi dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Disampaikannya juga harapan Pemerintah agar Kaltim dapat membangun lebih baik, khususnya bagi umat Islam yang mendapatkan saluran zakat fitrah dari Baznas agar memanfaatkan dana dengan sebaik-baiknya. Begitupun Baznas dalam hal ini, diharapkan dapat menyalurkan dana yang diterima sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kemudian, kegiatan ditutup dengan penyerahan zakat dari Pemprov Kaltim melalui Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, diikuti Asisten I Pemprov Kaltim, Moh Jauhar Effendi beserta masing-masing Kepala OPD di lingkup Pemprov Kaltim. (resa/pt)