Agama

DWP PUPR Kaltim Gelar Kajian Fikih Wanita di Bulan Ramadan

  •   Ade Putri
  •   22 Maret 2024
  •   1:13pm
  •   Agama
  •   169 kali dilihat

Samarinda - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan Gebyar Ramadan 1445 H dengan tema "Kajian Ilmu Fikih Wanita Ramadan 1445 H" sebagai bagian dari semangat memperingati bulan suci Ramadan dan mempererat tali silaturahmi.

Kegiatan ini dihelat di Mushola Amal Bakti DPUPR & PERA Provinsi Kaltim, Jalan Tengkawang No. 01 Samarinda, Jumat (22/3/2024).

Kajian ini merupakan rutinitas setiap Jumat selama bulan Ramadan, diikuti oleh seluruh DWP Perangkat Daerah (PD) Provinsi Kaltim dan beberapa organisasi wanita, termasuk Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW).

Marliana Wahyuningrum Firnanda selaku Ketua DWP DPUPR & PERA Provinsi Kaltim, menyampaikan bahwa kajian ini penting untuk memperdalam pemahaman fiqih wanita dalam menjalankan ibadah Ramadan, terutama dalam hal zakat sebagai salah satu kewajiban umat Islam.

"Kajian ini menjadi sarana bagi kita untuk memperdalam pemahaman agama, terutama dalam hal zakat, yang merupakan salah satu kewajiban umat Islam," ujarnya.

Adapun kajian dipandu oleh Ustazah Hayati Fashiha Lubis, yang membahas tentang zakat harta di bulan Ramadan secara detail, menekankan pentingnya pelaksanaan zakat dengan sungguh-sungguh, terutama di bulan Ramadan.

Beliau juga memperinci jenis-jenis zakat yang wajib dibayar, termasuk zakat fitrah, zakat maal, zakat emas dan perak, zakat binatang ternak, serta zakat perdagangan atau tijarah.

"Kegiatan ini sangat penting bagi kita sebagai umat Islam apalagi yang mampu, karena zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus kita tunaikan dengan sungguh-sungguh, terutama di bulan Ramadan ini," ujar Ustazah Hayati Fashiha Lubis.

Harapannya, kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi semua peserta dan membuat Ramadan tahun ini lebih berkah dan bermakna bagi seluruh umat Islam. (ade/pt)