Toleransi dan Hidup Saling Menghargai Simbol Kemajuan Negara

SAMARINDA—Sri Sultan Hamengku Buwono X yang mengukuhkan Pengurus Ikatan Paguyuban Keluarga Tana Jawi (IKA PAKARTI) Provinsi Kaltim menuturkan agar masyarakat di Kaltim dapat hidup dengan menjunjung tinggi toleransi dan saling menghargai dalam kehidupan setiap hari yang dapat menjadikan perilaku tersebut sebagai symbol kemajuan Negara.

Sri Sultan mencontohkan Negara Spanyol tepatnya di Andalusia menjadi saksi sejarah kerukunan antara Islam, Kristen dan Yahudi yang pada saat itu ilmu pengetahuan sedang maju dan penganut ketiga keyakinan yang berbeda itu saling belajar mendukung satu sama lain.

“Berbagai inovasi baru ditemukan dari perbedaan tersebut. Ketika perbedaan dimunculkan secara baik di kehidupan akan menjadi sumber yang baik pula dan sebaliknya.  Sejarah telah memberikan pelajaran bahwa hidup yang penuh toleransi dan salng menghargai simbol kemajuan peradaban Negara,” tuturnya.

Keberadaan IKA PAKARTI, lanjutnya, diharapkan menjadi sebuah paguyuban yang dapat memberikan contoh konkrit dalam kehidupan toleransi masyarakat. Salah satu agenda besar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan membangun kesejahteraan hidup bersama seluruh warga Negara dan umat beragama. (diskominfo kaltim / cht)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + three =