Meresahkan, Polresta Samarinda Tindak Tegas Aksi Balap Liar

Samarinda – Aksi balap liar menjadi salah satu kekhawatiran yang dirasakan masyarakat Samarinda selama Bulan Ramadhan. Pasalnya, tercatat 19 pelanggaran terjadi selama dua minggu bulan puasa. Selain meresahkan, aksi balap liar ini mengganggu kekhusyukan masyarakat yang menjalankan ibadah.

“Ini bukan hanya pelanggaran hukum melainkan juga pelanggaran sosial,” ungkap Wakil Kasat Lantas Polresta Samarinda AKP Creato Sonitehe Gulo saat berbincang Jumat, (17/5).

Ditambahkan, aksi balap liar ini tidak hanya dikarenakan kesalahan individu melainkan ada pengaruh teman yang berkumpul sehingga menjalankan aksi balap liar. 

Creato memastikan pelaku aksi balap liar akan ditindak tegas. Dimulai penahanan kendaraan bermotor dan pengiriman surat teguran kepada orangtua hingga mendatangi rumah pelaku jika kembali melakukan aksi serupa. Dikatakan juga, pendampingan orangtua adalah cara ampuh dalam mencegah terjadinya berbagai kenakalan remaja salah satunya aksi balap liar.

“Perlunya pengawasan orangtua dan keluarga sebagai rumah pertama dari anak-anak karena para pelaku kebanyakan merupakan remaja yang masih berusia 12-20 tahun,” tambahnya. (Diskominfo/Lely)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − five =