Tanam Cabai Sendiri, Bantu Pemerintah Tekan Angka Inflasi

SAMARINDA—Meroketnya harga cabai yang tak kunjung mengalami penurunan sangat berat dirasakan oleh masyarakat. Apalagi, hampir sebagian besar masyarakat setiap harinya tak dapat dipisahkan dengan cabai sebagai salah satu pelengkap hidangan yang disajikan dalam menu makan keluarga.

Guna menyikapi harga cabai yang selalu membuat masyarakat resah, maka Pemprov Kaltim pun mencanangkan gerakan menanam cabai yang telah dilakukan beberapa waktu lalu sebagai upaya menekan angka inflasi akibat cabai ini.

Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Kaltim Ibrahim mengungkapkan  pencanangan gerakan menanam cabai  diharapkan bisa dikembangkan bukan hanya oleh organisasi wanita saja namun di masing-masing rumah tangga bisa mencukupi kebutuhan cabai sendiri untuk keluarganya.

“Bahkan secara tidak langsung, gerakan menanam cabai ini dapat membantu pemerintah menekan angka inflasi akibat cabai di Kaltim. Selain Ibu-Ibu PKK, himpunan istri TNI/POLRI dan organisasi swasta juga turut andil dalam pengembangbiakan bibit cabai yang telah diberikan untuk kemudian ditanam di masing-masing pekarangan rumah maupun organisasinya,” ungkap Ibrahim.

Senada dengan Ibrahim, Gubernur Kaltim juga mengharap hal yang sama. Tak hanya pemerintah namun juga organisasi swasta turut diibatkan sehingga minimal dapat melengkapi dan memenuhi kebutuhan cabai di lingkungan perusahaan masing-masing.

Gubernur Awang menambahkan pemanfaatan pekarangan tak sebatas pada penanaman cabai saja namun bisa juga menanam jenis sayuran dan tanaman obat. “Manfaatkan lahan pekarangan, dengan begitu tidak perlu beli dan tidak kaget ketika harga naik,” pungkasnya. (Diskominfo Kaltim / Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × four =