Stadion Palaran Berpotensi Jadi Venue Olimpiade Tahun 2032

Samarinda — Indonesia resmi mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Melalui Dubes RI di Bern Muliaman D, Presiden RI Joko Widodo telah menyerahkan surat kesediaan kepada Presiden International Olympic Commitee (IOC) Thomas Bach, di sekretariat IOC, Lausanne, Swiss pada bulan februari 2019 lalu.

Sebelumnya, Joko Widodo secara lisan menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Thomas Bach saat kunjungan ke Indonesia pada 2018. Presiden juga telah menyampaikan surat yang menyatakan keinginan Indonesia itu secara tertulis. Salinan surat telah diterima Thomas dan direspon positif, terlebih setelah Indonesia sukses menggelar Asian Games dan Asian Paragames 2018.

“Saya kira menjadi tuan rumah banyak syaratnya. Kesiapan venue harus terpenuhi. Kalo ada kesempatan, saya akan tinjau Stadion Palaran lagi,” ungkap Menpora Imam Nahrawi saat ke Kaltim kemarin, Selasa (21/5).

Tentu ini semua memerlukan perencanaan matang. Tahun depan, lanjutnya, akan dibentuk panitia loby karena tahun 2024 akan penawaran (bidding), tahun 2025 mulai memastikan tempat dan SDM, promosi internasional seperti persiapan atlet.

“Provinsi Kaltim memiliki potensi karena pernah menjadi tuan rumah PON,” ujar Imam.

Proses pemilihan tuan rumah olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada Tahun 2024. Jika berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade, maka Indonesia menjadi negara Asia keempat yang menyelenggarakan Olimpiade setelah Jepang, China dan Korea Selatan. (diskominfo/tp)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 12 =