Beri Penghargaan, Dekranasda Harap Jadi Motivasi Pelaku Kerajinan

Samarinda — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim memiliki program kerja melakukan pembinaan kepada para pengrajin di Kabupaten/Kota. Karenanya, bekerjasama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Dekranasda Kaltim melaksanakan Sosialisasi Program dan Dekranas Award di Hotel Midtown, Senin (22/7).

Sekretaris Dekranasda Kaltim Erwinsyah mengungkapkan pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota diharap terus melakukan pembinaan dan sosialisasi program kerja. Sosialisasi tak hanya menjelaskan kegiatan namun juga membantu memberi motivasi bagi pengrajin lokal.

“Kita harapkan para pengurus yang hadir kegiatan ini bisa melakukan pembinaan. Di Kaltim banyak pengrajin yang memerlukan sentuhan pembinaan, baik produksi maupun pemasaran,” ungkapnya.

Dikatakan Erwin, intinya memberi dukungan dan motivasi pengrajin melalui Dekranasda Kabupaten/Kota agar terus meningkatkan kualitas kerajinan daerah.

“Pengrajin harus paham proses terwujudnya hasil kerajinan. Serta, mendapatkan pemahaman kerajinan itu tak hanya batik. Bisa juga membuat produk kerajinan dari berbagai pilihan bahan baik itu logam, tanah, dan lainnya. Kepada pengrajin bisa memberi motivasi bahwa ada nilai yang bisa didapatkan dari bantuan lain yang bisa dikembangkan,” terangnya.

Erwin menambahkan Dekranasda juga memberi penghargaan melalui Dekranas Award. Ini merupakan pemberian penghargaan Dekranas Pusat kepada pelaku kerajinan dan pembina yang memenuhi kriteria sesuai usulan Dekranas Daerah.

“Kita harapkan dengan penghargaan ini, meningkatkan motivasi kerajinan yang dilakukan seperti inovasi dan kreativitas. Dengan begitu, diharapkan ada sumbangsih kepada daerah dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” imbuhnya. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + nine =