Sektor Perkebunan Kaltim Masih Jadi Primadona

SAMARINDA – Pertumbuhan ekonomi nasional berkembang pesat melalui sektor perkebunan yang masih jadi primadona. Tidak terkecuali di Kaltim yang masih mengandalkan sektor perkebunan sebagai penopang kehidupan. Ini juga dilihat masih banyak masyarakat yang mencari nafkah melalui sektor ini.

Dosen Perkebunan Universitas 17 Agustus Akas Pinaringan Sujalu menyampaikan Kaltim memiliki potensi besar pengembangan sektor perkebunan. Namun yang menjadi tantangan adalah pengembangan SDM serta teknologi yang menunjang.

“Kaltim membutuhkan banyak SDM berkualitas dan teknologi yang mempermudah pengerjaan hasil perkebunan. Dan ini jelas menjadi tantangan kita bersama,” ujar Akas, Rabu (13/3).

Ditambahkannya, SDM Kaltim yang terlibat dan fokus pada sektor perkebunan masih sedikit sehingga masih banyak yang mengunakan tenaga kerja dari daerah lain. Selain itu 90% teknologi yang digunakan masih manual sehingga produksi yang dihasilkan tidak maksimal.

“Pemerintah harus membangun sektor perkebunan agar menjadi sektor unggulan Kaltim. Karena Kaltim memiliki SDA yang menjanjikan dalam sektor ini,” ucap Akas. (Diskominfo/Lely)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 15 =