Sambut Hari Menanam Pohon Dengan Mengenal Manfaat Pohon

SAMARINDA – Berdasarkan Keppres RI Nomor 24 Tahun 2008 telah ditetapkan bahwa tanggal 28 November merupakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Tujuan dari diadakannya Hari Menanam Pohon Indonesia adalah untuk memulihkan kerusakan hutan dan lahan. Biasanya, HMPI dirayakan dengan cara merehabilitasi kembali hutan rusak dan lahan kritis melalui kegiatan menanam pohon secara massal oleh masyarakat luas.

Dikutip dari laman www.quipper.com  ada beberapa fakta penting peran pohon bagi kehidupan manusia sebagai berikut :

  1. Wilayah yang memiliki pepohonan yang rimbun cenderung memiliki jumlah kriminalitas yang lebih rendah.
  2. Siswa/I yang belajar di ruang kelas dengan pemandangan pepohonan di luar jendela bisa memiliki nilai tes dan ujian akhir lebih tinggi dibanding pemandangan yang gersang atau perkotaan
  3. Dalam radius kurang lebih 30 meter dari pepohonan, polusi udara bisa berkurang hingga 50 %.
  4. Setiap 1 km2 luas sebuah hutan adalah rumah bagi lebih dari 1000 spesies liar yang hidup di hutan.
  5. Dua pohon yang telah tumbuh besar mampu untuk menyuplai oksigen bagi satu orang selama satu tahun.
  6. Cukup sehari saja sebuah pohon besar dapat menyerap hingga 100 galon air dan melepaskannya ke udara (dalam bentuk uap air), sehingga bisa mendinginkan area sekitarnya.
  7. Pohon yang telah tumbuh setinggi 30 meter mampu menyrap karbondioksida (co2) seberat 22,7 kg dalam waktu setahun, jumlah yang sama dihasilkan mobil setelah berjalan jauh 41.500 km.

Berperilaku baik dengan alam bisa dimulai dengan cara sederhana. Misalnya, seperti tidak menebang pohon sembarangan atau sesederhana jangan asal memetik daun tanaman yang ada di jalan, serta membuang sampah pada tempatnya. Selamat Hari Menanam Pohon !

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + four =