RSUD AWS Raih Piala Bergilir Kinerja Terbaik SKPD

SAMARINDA – Sebanyak 42 penghargaan dengan tujuh kategori diberikan kepada SKPD lingkup Kaltim dengan kinerja terbaik TA 2012. Penghargaan berupa tropi, piagam dan piala bergilir terbaik I keseluruhan itu diserahkan Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak, kepada Kepala SKPD penerima saat apel pagi bersama jajaran Dinas PU Kaltim di halaman Kantor DPU Kaltim, Samarinda, Jumat (18/1).

Piala bergilir terbaik I keseluruhan diraih RSUD AWS (Abdul Wahab Sjahranie) Samarinda. Sedang enam terbaik I lainnya diterima Disperindagkop dan UMKM dengan kategori penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, Dinsos dengan terbaik pelaksana urusan pemerintahan, Kantor Penghubung Pemprov, Jakarta, sebagai terbaik pengelolaan keuangan, BKD dengan terbaik pengelolaan kepegawaian, RSUD KD (Kanujoso Djatiwibowo) Balikpapan sebagai terbaik pengelolaan barang milik daerah, dan RSUD AWS kembali dengan terbaik inovatif.

Gubernur Faroek menyatakan, penilaian ini merupakan perspektif kinerja SKPD tahun sebelumnya. Tujuannya untuk mengapresiasi prestasi SKPD yang memiliki kinerja baik, dan memotivasi SKPD yang lain untuk berlomba meningkatkan kinerja secara positif, dan sebagai feedback atau umpan balik terhadap monitoring dan evaluasi kinerja SKPD yang dilakukan.

Sehubungan itu, pada apel pagi ini sengaja saya manfaatkan secara khusus untuk menyerahkan penghargaan kepada SKPD yang memiliki kinerja terbaik. Penghargaan ini juga berkaitan dengan rangkaian peringatan Hari Jadi Provinsi Kaltim ke-56, katanya.

Evaluasi penilaian kinerja terbaik SKPD ini dilakukan sejak tiga tahun lalu. Tahun 2010 adalah Badan Perpustakaan Daerah yang terbaik I kategori keseluruhan, disusul tahun 2011 Disperindagkop dan UMKM Kaltim, dan pada 2012 ini diraih RSUD AWS Samarinda.

Menurut Faroek, penilaian ini menunjukkan setiap tahun terjadi perubahan cukup signifikan dan membuktikan bahwa semua SKPD menyadari pentingnya sebuah nilai dan penghargaan yang diterima. Apalagi, semuanya sudah bertekad mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih dengan meningkatkan kinerja aparatur, sebagai upaya mencapai target penilaian BPK berupa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada 2013.

Berkenaan itu, ia mengimbau SKPD yang berhasil sebagai terbaik untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, sekaligus menjadi contoh yang baik. Sedang SKPD yang belum berhasil diimbau untuk meningkatkan kinerja dan prestasinya, agar tahun mendatang memperoleh hasil yang lebih baik.

Imbauan ini sejalan dengan pencanangan kembali tahun 2013 ini sebagai Tahun Peningkatan Kinerja dan Prestasi yang berimplikasi setiap SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim terus meningkatkan kinerja seraya meningkatkan prestasi kerja baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional, serunya.

Faroek menyebut, prestasi demi prestasi yang diraih bukan untuk gagah-gagahan dan kegembiraan sesaat, kecuali harus diambil hikmahnya. Tidak perlu berpuas diri sampai di situ, tapi terus berupaya meningkatkan motivasi dan semangat untuk maju dengan meningkatkan sumber daya, pengetahuan, keterampilan dan wawasan pada masing-masing kantor, bidang dan profesinya.

Menurut dia, pelaksanaan penilaian kinerja terbaik SKPD ini dilakukan oleh tim penilai yang terdiri dari Inspektorat Kaltim, Bappeda, BKD, Biro Pemerintahan, Biro Keuangan, Biro Pembangunan Daerah, Biro Organisasi, Biro Perlengkapan, dan Biro Hukum dengan Koordinator Balitbangda Kaltim. Sedang tim pengarah diketuai oleh Sekprov Kaltim, H Irianto Lambrie. (arf-dil/diskominfo)

teks foto :

PENGHARGAAN KINERJA : Sejumlah SKPD di lingkup Pemprov Kaltim menerima penghargaan dengan kinerja terbaik tahun 2012 yang diserahkan oleh Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak di halaman kantor DPU kaltim, Samarinda, Jumat (18/1). Yang tampak menerima penghargaan ini adalah Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani. (foto : diskominfo/yoyo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 20 =