Puspaga Hadir Kuatkan Kualitas Keluarga

SAMARINDA— Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) kini hadir di Provinsi Kaltim, sebuah lembaga dibawah naungan Pemerintah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera.

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kaltim, Halda Arsyad menjelaskan Puspaga merupakan wadah atau fasilitas layanan publik yang mempunyai akuntabilitas dalam layanan, sumber daya, infrastruktur dan manajemen pengelolaan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan ketahanan keluarga.

“Kita semua harus diberi pemahaman bahwa keluarga merupakan fondasi utama dalam membangun sistem dan tatanan sosial sehingga ketahanan keluarga merupakan basis ketahanan nasional,”ungkapnya saat memberikan arahan pada Launching Puspaga di Kantor DKP3A Kaltim, Senin (2/8)

Dirinya juga mengatakan dalam Puspaga juga dilengkapi dengan tenaga profesional dengan mengedepankan tiga layanan yaitu konseling, konsultasi dan informasi yang berfungsi sebagai layanan satu pintu keluarga.

Selain itu layanan yang dihadirkan adalah Konseling untuk calon orang tua, keluarga  yang bermasalah, anak/remaja dan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Pendirian Puspaga ini juga menurutnya,  didasarkan pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 13 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Ketahanan Keluarga, dan Surat Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 463/K.216/2019 tentang Pembentukan Pusat Pembelajaran Keluarga Provinsi Kalimantan Timur Periode Tahun 2019-2023.

Sehubungan dengan itu, diharapkan dengan adanya Puspaga) maka akan dapat melayani dan mendampingi keluarga dalam bentuk konseling untuk dapat memecahkan permasalahan keluarga dengan layanan dari tenaga profesional (psikolog dan konselor).

Pada kesepakatan ini akan dilaksanakan Pelantikan Pengurus PUSPAGA Provinsi Kalimantan Timur Periode 2019 – 2023 dan juga penandatanganan kerjasama dengan Kesejahteraan Sosial dan Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Kaltim dan Forum CSR Kesejahteraan Sosial Kaltim dalam pengembangan Puspaga. (diskominfo/ris)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × two =