Prajurit Harus Sigap Hadapi Bencana

SAMARINDA – Dalam rangka kesiapsiagaan dalam tanggap darurat bencana alam, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) laksanakan pembukaan latihan Posko I “Sampan Manuntung 01” Bencana Alam Banjir, di Aula Wira Yudha Korem 091/ASN, Selasa (3/9).

Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto mengatakan kegiatan latihan posko I Korem 091/ASN yang dilaksanakan saat ini memiliki nilai strategis untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 091/ASN dalam Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT) guna menghadapi tugas-tugas ke-wilayahan, terutama dalam memberikan bantuan kepada Pemda untuk mengatasi penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayahnya.

Hal tersebut diatas merupakan aplikasi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pemerintah daerah dan  Korem sesuai dengan UU RI No 24 Tahun 2007 pasal 5 dan 6  tentang penanggulangan bencana alam, jelas Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto saat Briefing Latihan Posko I Korem 091/ASN TA 2019.

Lanjutnya, adapun tema latihan, yakni, “Korem 091/ASN  melaksanakan operasi bantuan kepada Pemda di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka membantu penanggulangan bencana banjir”. Pemilihan materi latihan berkaitan dengan penanggulangan bahaya banjir di wilayah Korem 091/ASN,  karena bencana banjir salah satu hal yang sering terjadi saat ini di wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma.

Di sisi lain, tambahnya latihan Posko I mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir yang direncanakan sekaligus menguji berbagai protap satuan dalam penanggulangan bahaya banjir melalui aturan pelibatan semua stake holder di wilayah apabila terjadi bencana guna mencegah dan mengurangi kemungkinan terjadinya korban jiwa dan kerugian lainnya.

Sumber Penrem 091/ASN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × four =