Songsong Kedaulatan Pangan, Lulusan Unmul Wajib Ikuti Perkembangan Teknologi

Samarinda – Pembangunan sering diartikan pertumbuhan. Jadi keberhasilan pembangunan pertanian diartikan terjadi perubahan signifikan sektor pertanian sekaligus masyarakat tani menjadi lebih baik.

Hal itu diungkap Pembantu Rektor III Unmul Encik Akhmad Syaifudin pada Seminar Nasional Potensi Sumber Daya Pertanian bertemakan Upaya Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertanian dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan 2045 di ruang serbaguna Rektorat, Rabu (13/3).

Sebagai gambaran, Universitas Mulawarman melepas lulusan sekitar 5000 orang dalam empat kali wisuda tiap tahunnya. Dari jumlah itu, 300 – 400 lulusan berasal dari Fakultas Pertanian.

“Kita berperan mengembangkan sumber daya manusia untuk menyongsong kedaulatan pangan di tahun 2045. Menghadapi hal itu, perkembangan teknologi harus diikuti oleh setiap lulusan,” ungkap Encik Akhmad.

Sektor pertanian di Indonesia, lanjutnya, dianggap penting terhadap penyediaan pangan, lapangan kerja, penyumbang devisa negara melaui ekspor dan sebagainya. Pertanian tanaman pangan di Indonesia terdapat urutan komoditas menurut kepentingannya. Tanaman Padi adalah tanaman utama. Meskipun secara ekonomis padi bukan yang paling menguntungkan, kebanyakan petani mengutamakan dalam usahanya.

“Kemajuan dan pembangunan bidang apapun tidak dapat dilepaskan dari teknologi. Revolusi pertanian didorong penemuan mesin dan cara baru dalam bidang pertanian. Teknologi senantiasa berubah itu sebagai syarat mutlak adanya pembangunan pertanian,” tambahnya.

Kegiatan menghadirkan empat pembicara antara lain Anggota Komisi IV DPR RI Budisatrio Djiwandono dan Kabid Kewirausahaan dan Pengabdian Masyarakat BPP PISPI Boyke Setiawan. Hadir juga Kadis Pangan, Tanaman Pangan & Hortikultura Kaltim Ibrahim dan Petani Inspiratif Agus Basuki. (diskominfo/tp)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =