Peringatan Hari Anti Korupsi Untuk Meningkatkan Kesadaran Akan Korupsi

Samarinda – Setiap tanggal 9 desember yang di tetapkan sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Korupsi merupakan fenomena sosial politik, ekonomi kompleks yang mempengaruhi semua Negara di Dunia. Korupsi juga dapat memperlambat pembangunan ekonomi dan membuat Pemerintahan tidak stabil. Hari Anti Korupsi sendiri merupakan perayaan Global dan bukan termasuk hari libur umum.

Peringatan ini dimulai setelah Konvensi PBB Melawan Korupsi pada 31 Oktober 2003 untuk meningkatkan kesadaran anti Korupsi.

Hari Anti Korupsi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan korupsi dan dampak negatifnya terhadap masyarakat. Korupsi melibatkan penyalahgunaan kekuasaan yang di percayakan oleh perilaku tidak jujur dan tidak etis yang mengarah pada keuntungan pribadi.

Tidak ada Negara di dunia yang sepenuhnya bebas korupsi, namun ada beberapa wilayah dan Negara yang kurang terpengaruh dibandingkan dengan yang lain. Indeks Persepsi  Korupsi mengukur tingkat Korupsi sektor Publik yang di rasakan di seluruh dunia dan menyatakan bahwa lebih dari 68 persen Negara di Dunia memiliki masalah korupsi serius.

Masalah serius ini memicu kehancuran dengan mempromosikan perdagangan manusia eksploitasi ketidakstabilan politik kematian anak standar pendidik yang buruk perusakan lingkungan dan terorisme.

Sumber : tribunnews.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 2 =