Ada Lowongan Bagi Penyandang Disabilitas Pada Job Market Fair 2019

Samarinda — Pemenuhan hak penyandang disabilitas terkait jaminan akses pekerjaan telah diamanatkan Pasal 53 UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Disebutkan setiap perusahaan wajib mengakomodasi penyandang disabilitas minimal satu persen dari total tenaga kerja di sektor swasta dan dua persen pada sektor pemerintahan.

Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim Sulistri Kawiyani memastikan dalam Job Market Fair yang digelar 23 hingga 25 April terdapat pula lowongan pekerjaan untuk pelamar difabel yang disesuaikan kemampuan dan kualifikasi pendidikan pelamar.

“Mendapat pekerjaan yang layak menjadi hak semua orang termasuk difabel. Kami sudah meminta perusahaan menyediakan formasi khusus pencari kerja difabel. Ini sudah jadi aturan sehingga setiap perusahaan wajib mematuhi,” terangnya di Samarinda, Senin (15/4). 

Sejauh ini, yang bergabung di Pameran Bursa Kerja 2019 ada 28 perusahaan. Didominasi sektor perdagangan dan perhotelan 11 perusahaan, sektor keuangan 7 perusahaan, sektor jasa dan pertanian masing-masing 5 perusahaan. 

“Jumlah lowongan perusahaan yang sudah terdaftar lebih dari 600 buah. Masyarakat yang ingin mencari kerja bisa langsung mengambil formulir di Kantor Disnakertrans Kaltim,” pungkasnya. (Diskominfo/Cht)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =