Pentingnya Informasi Kependudukan Yang Lengkap dan Akurat

Samarinda—Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan KTP Elektronik untuk kepentingan pelayanan publik dan pembangunan di sektor lain dilakukan di hotel Grand Victoria Samarinda, Kamis (15/11).

Dalam upaya merealisasikan pembangunan yang berwawasan kependudukan diperlukan dukungan data dan informasi kependudukan yang lengkap dan akurat, sehingga memudahkan para perencana dan pengambil keputusan dalam merumuskan kebijakan dan menyusun program pembangunan yang berwawasan kependudukan. Salah satu informasi yang sangat penting bagi perencana kependudukan adalah data kependudukan, oleh karena itu ketersediaan data kependudukan diberbagai tingkatan administrasi pemerintah menjadi faktor kunci keberhasilan pelaksanaan program pembangunan.

Peserta Bimtek dari OPD lingkup Pemprov Kaltim berfoto bersama nara sumber dan panitia.

Kebijakan pelayanan bidang administrasi kependudukan adalah memberi kepastian hak dasar atas penduduk yang berwujud dokumen danselanjutnya dipergunakan untuk pelayanan publik lainnya, baik dari data kependudukan maupun dokumen kependudukan dengan tujuan umum untuk kesejahteraan penduduk.

Kelapa Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Prov Kaltim Ardiansyah mewakili Gubernur Kaltim membuka acara tersebut, Ditjen kependudukan dan catatan sipil Kemendagri RI M. Fazal, Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (DKP3A) Kaltim Hj Halda Arsyad yang menjadi nara sumber kali ini, puluhan peserta dari kabupaten/kota Se Kaltim dan OPD tingkat pemprov Kaltim.

Dokumen kependudukan yang ditingkatkan kualitas pelayanannya sesuai Permendagri tersebut paling sedikit antara lain Kartu Keluarga, KTP-el, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan Surat Keterangan Pindah. (diskominfo/tp)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eight − 6 =