KEGIATAN PENGUATAN LAYANAN INTERNET SEHAT DAN AMAN MELALUI MOBILE COMMUNITY ACCESS POINT (MCAP)

PENDAHULUAN

  • Dasar
  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintahan Daerah;
  2. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik
  3. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik
  4. Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2008, tentang Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Timur
  5. Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 45 Tahun 2008, tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Timur
  6. Surat Keputusa Kepala Dinas Kominfo Prov. Kaltim Nomor 489/012/II/Diskominfo/2016, tentang Tim Pengelola MCAP Diskominfo Prov. Kaltim Tahun Anggaran 2016.
  • Pengantar

Dinas Komunikasi dan Informatika melalui bidang Aplikasi Telematika memiliki sebuah Mobile Community Access Point (MCAP) yang merupakan bantuan dari Kemeterian Kominfo pada tahun 2010 yang dilengkapi dengan Berita Acara Serah Terima. M-CAP adalah fasilitas layanan bergerak untuk memberikan pembelajaran bagi warga masyarakat, dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan berbasis internet yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). MCAP ini memliki fasilitas berupa perangkat penerima sinyal dari satelit untuk koneksi internet, 1 unit PC admin dan 6 Unit PC untuk client. Berdasarkan alokasi dana untuk tahun anggaran 2016, besar bandwidth yang disewa untuk operasional MCAP berkapasitas 500 Mbps.

  • Fungsi dan Maksud Kegiatan

M-CAP memiliki 3 (tiga) fungsi yakni :

(1).   Merupakan unit pembelajaran bergerak yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,

(2).   Akses internet,

(3).   Layanan telepon dan kegiatan desiminasi informasi secara audio-visual.

Maksud kegiatan Sosialisasi MCAP adalah guna memperluas jangkauan layanan pemanfaatan telematika, serta memberikan pemerataan pembelajaran e-literasi bagi warga yang belum terjangkau layanan tetap.

PEMBAHASAN

  • Uraian Tugas

Bedasarkan Surat Keputsan Kepala Diskominfo di atas dan merupakan Tupoksi Bidang Aptel, maka tim pengelola kegiatan memiliki tugas sebagai berikut :

  1. Menyusun agenda operasional M-CAP
  2. Memelihara MCAP
  3. Melakukan operasional MCAP ke Kab/Kota di lingkungan Pemprov. Kaltim
  4. Memberikan pembelajaran kepada masyarakat penggunaan internet yang sehat, cerdas dan aman
  • Sasaran Kegiatan

Sasaran Kegiatan Operasional MCAP adalah masyarakat umum yang terdiri dari :

  1. Pelajar SD
  2. Pelajar SMP
  3. Pelajar SMA
  4. Mahasiswa
  5. Pegawai dan
  6. Warga di daerah terpencil
  • Jadwal Pelaksanaan

JADWAL OPERASIONAL MCAP DALAM KOTA SAMARINDA

TAHUN ANGGARAN 2016

No. Dinas / Badan / Instansi / Organisasi Bulan Tanggal Sasaran
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Pelaksanaan
1 Kantor Gubernur x 05 Jan 2016 Masyarakat
Gor Madya Sempaja x 07 Jan 2016 Masyarakat
2 SMP Negeri 2 Samarinda x 03 Feb 2016 Guru / Pelajar
MTS Normal Islam Samarinda x 10 Feb 2016 Pelajar
SMP Aminah Syukur x 24 Feb 2016 Pelajar
3 SMK Negeri 1 Samarinda x 02 Mar 2016 Pelajar
SMA Negeri 2 Samarinda x 10 Mar 2016 Guru / Pelajar
MAN 2 Samarinda x 23 Mar 2016 Guru / Pelajar
4 SMP Negeri 4 Samarinda x 06 Apr 2016 Pelajar
SMP Negeri 5 Samarinda x 20 Apr 2016 Pelajar
5 SMP Tunas Kelapa x 04 Mei 2016 Guru / Pelajar
SMP Negeri 6 Samarinda x 19 Mei 2016 Guru / Pelajar
SMP Negeri 34 Samarinda x 26 Mei 2016 Guru / Pelajar
6 SD Negeri 10 Samarinda x 09 Jun 2016 Pelajar
SD Negeri 16 Samarinda x 16 Jun 2016 Pelajar
7 Korem 091 / Aji Surya Natakesuma x 14 Jul 2016 Prajurit
POLRESTA Samarinda x 28 Jul 2016 Prajurit
8 Gor Madya Sempaja x 18 Ags 2016 Masyarakat
9 FISIPOL Unmul x 08 Sep 2016 Mahasiswa
FMIPA Unmul x 15 Sep 2016 Mahasiswa
10 TP PKK Prov. Kaltim x 06 Okt 2016 Ibu-ibu PKK
SMK Negeri 5 Samarinda x 20 Okt 2016 Pelajar
11 SD Negeri 22 Samarinda x 11 Nop 2016 Pelajar
SD Negeri 17 Samarinda x 18 Nop 2016 Pelajar
Dharma Wanita Persatuan Prov. Kaltim x 24 Nop 2016 Ibu-ibu DWP
12 SMP Negeri 16 Samarinda x 2 Des 2016 Guru / Pelajar
SMP Negeri 10 Samarinda x 15 Des 2016 Pelajar
SMP Negeri 1 Samarinda x 22 Des 2016 Guru / Pelajar

JADWAL OPERASIONAL MCAP DALAM DAERAH (LUAR KOTA SAMARINDA)

TAHUN ANGGARAN 2016

No.

Nama Wilayah Bulan

Sasaran

Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des
1 Kec. Muara Badak x x x Pelajar
Masyarakat
2 Kec. Samboja x x Ibu-Ibu PKK
SD / SMP
3 Kec. Sanga-sanga x x Guru-guru
Pelajar
4 Kec. Muara Jawa x x Pelajar
Masyarakat
5 Kec. Tenggarong x x x x Masyarakat
6 Kec. Loa Janan x x x x x Guru-guru
Pelajar
7 Kec. Anggana x x x Pelajar
Masyarakat
8 Kel. Karang Joang x x x Pelajar
Masyarakat
9 Kel. Tanjung Santan x Masyarakat
10 Kec. Loa Kulu x x x x Pelajar
Ibu-Ibu PKK
11 Kec. Bontang Kuala x Pelajar
Masyarakat
12 Kec. Sebulu x x Ibu-Ibu PKK
Masyarakat
13 Kec. Marang Kayu x Ibu-Ibu PKK
Pelajar
14 Desa Teluk Dalam x x x x Masyarakat
15 Tenggarong x Masyarakat
Keterangan : Jadwal ini menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran
  • Anggaran

Besar anggaran berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD Diskominfo Prov. Kaltim tahun anggaran 2016 untuk program Pengembangan Komunikasi, Informasi dan Media Massa, kegiatan Sosialisasi Mobile Community Access Point (MCAP) sebesar RP. 628.000.000,- (enam ratus dua puluh delapan juta rupiah).

Anggaran tersebut untuk membiayai kegiatan dimaksud yang terdiri dari honor Tim Pengadaan Barang dan Jasa, Biaya Operasional (BBM) dan Pemeliharaan MCAP, Sewa bandwidth, Makan Minum dan Perjalanan Dinas.

  • Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan   mobil M-CAP selama ini berjalan dengan lancar atas kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari kalangan  SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten /Kota, selain itu juga berkoordinasi dengan kalangan akedemik baik negeri maupun swasta.

  1. Kabupaten Kutai Kertanegara
  • SMK TI Loa Janan
  • Kompi C Yonif 611 Loa Janan
  • Kecamatan Anggana
  • Kecamatan Samboja
  • Kecamatan Tenggarong
  • Kecamatan Muara Badak
  • Kecamatan Muarang Kayu
  1. Kota Balikpapan

–      SDN 012 Balikpapan

–      SMAN 9 Balikpapan

–      MTS Aljawahir Balikpapan

–      Kelurahan Karang Joang

  • Kota Samarinda

–      Kantor Gubernur Kaltim

–      Korem Aji Suryanata

–      SMKN I

–      SMAN 2 Samarinda

–      SMP Normal Islam Samarinda

–      SDN 018 Samarinda

–      SDN 006 Samarinda

–      Kelurahan Loa Bakung

No.

Dinas / Badan / Instansi / Organisasi Bulan Tanggal

Sasaran

Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Pelaksanaan
1 Kantor Gubernur x 05 Jan 2016 Masyarakat
Gor Madya Sempaja x 07 Jan 2016 Masyarakat
2 SMP Negeri 2 Samarinda x 03 Feb 2016 Guru / Pelajar
MTS Normal Islam Samarinda x 10 Feb 2016 Pelajar
SMP Aminah Syukur x 24 Feb 2016 Pelajar
3 SMK Negeri 1 Samarinda x 02 Mar 2016 Pelajar
SMA Negeri 2 Samarinda x 10 Mar 2016 Guru / Pelajar
MAN 2 Samarinda x 23 Mar 2016 Guru / Pelajar
4 SMP Negeri 4 Samarinda x 06 Apr 2016 Pelajar
SMP Negeri 5 Samarinda x 20 Apr 2016 Pelajar
5 SMP Tunas Kelapa x 04 Mei 2016 Guru / Pelajar
SMP Negeri 6 Samarinda x 19 Mei 2016 Guru / Pelajar
SMP Negeri 34 Samarinda x 26 Mei 2016 Guru / Pelajar
6 SD Negeri 10 Samarinda x 09 Jun 2016 Pelajar
SD Negeri 16 Samarinda x 16 Jun 2016 Pelajar
7 Korem 091 / Aji Surya Natakesuma x 14 Jul 2016 Prajurit
POLRESTA Samarinda x 28 Jul 2016 Prajurit
8 Gor Madya Sempaja x 18 Ags 2016 Masyarakat
9 FISIPOL Unmul x 08 Sep 2016 Mahasiswa
FMIPA Unmul x 15 Sep 2016 Mahasiswa
10 TP PKK Prov. Kaltim x 06 Okt 2016 Ibu-ibu PKK
SMK Negeri 5 Samarinda x 20 Okt 2016 Pelajar
11 SD Negeri 22 Samarinda x 11 Nop 2016 Pelajar
SD Negeri 17 Samarinda x 18 Nop 2016 Pelajar
Dharma Wanita Persatuan Prov. Kaltim x 24 Nop 2016 Ibu-ibu DWP
12 SMP Negeri 16 Samarinda x 2 Des 2016 Guru / Pelajar
SMP Negeri 10 Samarinda x 15 Des 2016 Pelajar
SMP Negeri 1 Samarinda x 22 Des 2016 Guru / Pelajar

No.

Tujuan Bulan Target Pelaksanaan Kegiatan Penanggung
Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Ags Sep Okt Nov Des Tanggal Realisasi Target

Jawab

1 Kab. Kukar (Kec. Muara Badak) x x x Pelajar / Masyarakat 18 s/d 19 Feb 2016 PNS / Masyarakat Kasi. Telematika
x x 27 s/d 28 Apr 2016 PNS / Masyarakat Kasi. Telematika
2 Kab. Kukar (Kec. Samboja) x x Pelajar / Ibu-Ibu PKK 23 s/d 24 Mei 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 026) Kabid. Aplikasi Telematika
3 Kec. Sanga-sanga x x Pelajar / Guru 08 s/d 09 Ags 2016 PNS / Masyarakat Kabid. Aplikasi Telematika
4 Kec. Muara Jawa x x x Pelajar / Masyarakat 10 s/d 11 Ags 2016 PNS / Masyarakat Kasi. Aplikasi Teknologi
5 Kec. Tenggarong x x x Masyarakat 16 s/d 17 Feb 2016 PNS / Masyarakat Kabid. Aplikasi Telematika
6 Kec. Loa Janan x x x x x Guru / Pelajar 01 s/d 02 Mar 2016 PNS / Masyarakat Kabid. Aplikasi Telematika
7 Kab. Kukar (Kec. Anggana) x x x Pelajar / Masyarakat 16 s/d 17 Feb 2016 PNS Kabid. Aplikasi Telematika
x x x 18 s/d 19 Mei 2016 PNS / Masyarakat Kabid. Aplikasi Telematika
8 Kota Balikpapan (Kec. Karang Joang) x x x Pelajar / Masyarakat 20 s/d 21 Mei 2016 PNS / Masyarakat Kasi. Telematika
9 Kel. Tanjung Santan x Masyarakat
10 Kab. Kukar (Kec. Loa Kulu) x x x x Pelajar / Ibu-Ibu PKK 06 s/d 07 Apr 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 001) Kasi. Telematika
x x x x 10 s/d 11 Nop 2016 Pelajar / Guru (SMP Negeri 2) Kasi. Telematika
11 Kec. Bontang Kuala x Pelajar / Masyarakat
12 Kec. Sebulu x x Ibu-Ibu PKK / Masyarakat
13 Kec. Marang Kayu x Pelajar / Ibu-Ibu PKK
14 Kab. Kukar (Desa Teluk Dalam) x x x x Masyarakat 15 s/d 16 Agt 2016 Masyarakat Kabid. Aplikasi Telematika
15 Kab. Kukar (Tenggarong) x Masyarakat 03 s/d 04 Mar 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 007) Kabid. Aplikasi Telematika
x 16 s/d 17 Mei 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 007) Kasi. Media Informasi
x 13 s/d 14 Jun 2016 PNS / Masyarakat Kabid. Aplikasi Telematika
x 09 s/d 10 Nop 2016 PNS / Masyarakat Kasi. Telematika
16 Kab. Kukar (Desa Batuah) 23 s/d 24 Feb 2016 PNS / Masyarakat Kasi. Aplikasi Teknologi
17 Kota Balikpapan 07 s/d 08 Mar 2016 Pelajar / Guru (SMA Negeri 9) Kasi. Media Informasi
18 Kab. Kukar (Desa Purwajaya) 21 s/d 22 Mar 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 004) Kasi. Telematika
19 Kab. Kukar (Desa Loa Duri) 08 s/d 09 Apr 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 006) Kasi. Telematika
20 Kab. Kukar (DesaTanah Datar) 25 s/d 26 Apr 2016 Pelajar / Guru (SD Negeri 005) Kasi. Telematika
21 Kota Samarinda (Kel. Sempaja) 03 s/d 04 Agt 2016 Pesantren Syaihona Cholil Kabid. Aplikasi Telematika

Dalam kegiatan tersebut Tim operasional M-CAP  telah melakukan  sosialisasi  diantaranya:

  1. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)
  2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Publik
  3. Penipuan dan kekerasan  dunia maya (Cyber Crime)
  4. Penyalahgunaan penggunaan face book, twiter maupun media sosial lainnya.

PENUTUP

Mobile Community Access Point (M-CAP) merupakan sarana atau fasilitas yang sangat berfungsi atau peluang bagi semua kalangan masyarakat dan pelajar untuk meningkatkan pengetahuan di Bidang Teknologi Informatika (Internet).

Upaya pemberdayaan/layanan M-CAP yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur (bidang APTEL) pada Tahun 2016 dapat terlaksana dan berjalan lancar, namun demikian tetap memerlukan dukungan anggaran yang telah tersedia pada DPA-SKPD Diskominfo Prov KalTim pada Tahun Anggaran 2016 ini serta dukungan dari segenap unsur masyarakat sebagai kunci keberhasilan terwujudnya masyarakat informasi, dalam upaya pengembangan dan pemanfaatan ICT (Information Coomunication and Technology) untuk masyarakat Kalimantan Timur.