Gubernur : Stabilitas Wujudkan Kecukupan Pangan

Samarinda – Musyawarah Daerah (Musda) ke-5 Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA-IPB) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kaltim diawali Seminar Regional bertemakan “Peran dan Kontribusi Alumni IPB dalam mewujudkan Ketahanan Pangan Kaltim” di Pendopo Odah Etam, Rabu (26/6).

Gubernur Kaltim diwakili Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim Ichwansyah saat membuka Musda mengatakan seminar regional ini relevan dengan Visi dan Misi Kaltim Berdaulat dibawah duet kepemimpinan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wagub Kaltim Hadi Mulyadi, yakni berdaulat dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam berkelanjutan.

“Stabilitasi pangan penting dalam mewujudkan kecukupan pangan. Semoga seminar ini menghasilkan masukan dan pemahaman bersama guna mewujudkan ketahanan pangan dan stabilitas pangan di wilayah Kaltim,” kata Ichwansyah.

Menurutnya, inflasi Kaltim cenderung lebih tinggi dibandingkan nasional. Adanya seminar ini penting berkenaan upaya menjaga potensi ketersediaan dan dukungan pengembangan ekonomi daerah. Sekaligus upaya menjaga stabilitas dan kedaulatan pangan di Kaltim.

“Stabilisasi pangan sebagai hal penting. Akan tetapi kenyataan menunjukan ketersediaan komoditas yang dikemas pangan tampaknya semakin sulit terpenuhi. Hal ini disebabkan penurunan produksi dan produktifitas akibat pola tanam dan estimasi yang sulit diprediksi,” ujarnya.

Dia menambahkan Pemerintah berkewajiban mengelola stabilitas pasokan dan harga bahan pokok guna mewujudkan kecukupan pangan.

“Saya berharap dapat diidentifikasi permasalahan yang menghambat upaya menjaga stabilitas pangan dan merumuskan langkah-langkah strategis sebagai upaya menjaga stabilitas pangan,” harap Ichwansyah. (Diskominfo/dir)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × 1 =