OJK Kaltim Resmi Berkantor Sendiri

Samarinda – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Timur telah beroperasi sejak 1 Januari 2014 di lantai 3 kantor Bank Indonesia perwakilan Kaltim. Secara struktur, OJK Kaltim berada dibawah koordinasi kantor OJK regional IX Kalimantan dengan cakupan kerja meliputi Kaltim dan Kaltara.

Hingga 17 September 2018, Kantor OJK Kaltim menempati gedung baru di jalan H.A.M  Rifaddin Samarinda Seberang. Namun baru diresmikan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Ketua Dewan Komisaris OJK RI Wimboh Santoso, Kamis (31/1).

“Gedung ini merupakan aset Pemprov Kaltim. Persoalan nanti bagaimana (sampai kapan bisa digunakan) tidak usah dipikirkan. Yang penting gedung ini berguna dulu dimanfaatkan secara optimal oleh OJK Kaltim,” Ungkap Isran.

Sementara, Kepala OJK Kaltim Dwi Ariyanto mengatakan kehadiran OJK Kaltim telah dirasakan masyarakat. Berbagai edukasi, sosialisasi dan literasi terkait keuangan telah dilakukan. Tercatat ada sembilan kegiatan pada semester pertama dan 11 kegiatan semester kedua dilaksanakan tahun 2018.

“Semua program yang disusun dilakukan agar masyarakat bijak menyikapi uang serta mampu merencanakan dan mengelola keuangan dengan baik. Ini juga sesuai UU No 21 tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan,” tambah Dwi.

Mengenai Status kepemilikan gedung ini adalah milik Pemprov Kaltim, dirinya tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Seluruh insan OJK Kaltim menyampaikan berterima kasih atas perhatian dari Pemprov Kaltim. Namum demikian, harapan untuk memiliki gedung sendiri masih menjadi hal yang tetap kami nantikan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sesuai aturan UU tugas dan fungsi OJK adalah sebagai lembaga pengawasan industri jasa keuangan sektor perbankan, industri keuangan non bank dan pasar modal. Juga lembaga jasa keuangan yang menjadi pengawasan OJK Kaltim diantaranya sektor perbankan dan lembaga keuangan mikro.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =