Mendidik Anak Dengan Sentuhan

SAMARINDA – Merawat dan membesarkan anak menjadi prioritas setiap orang tua. Mulai dari tumbuh kembangnya hingga beranjak dewasa tidak pernah luput dari perhatian orang tua. Begitu banyak hal telah diberikan, tetapi ada satu hal yang sebenarnya terlihat sederhana tapi memiliki manfaat luar biasa bagi anak, yaitu sentuhan.

“Memberikan sentuhan tak hanya berpengaruh baik pada anak, tapi juga untuk orang tuanya. Ada beberapa sentuhan yang harus diterapkan orangtua ke anak diantaranya terdapat delapan sentuhan,” ujar Wakil Gubernur Kaltim H. Hadi Mulyadi pada Seminar Komunikasi dan Informasi (KIE) Dalam Rangka Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga, di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (4/12)

Dari delapan Sentuhan, lanjut Hadi, diantaranya sentuhan hati, sentuhan lisan, sentuhan fisik, sentuhan awal dan sentuhan media. Ada pula sentuhan lingkungan, sentuhan potensi dan sentuhan doa. Dalam delapan sentuhan itu, orangtua diyakini mampu mendidik dan memotivasi anak dengan baik. Mendidik anak bukan hanya tertumpu pada perempuan tapi kerjasama antara ibu dan ayah.

Orang tua harus memiliki kesadaran penuh dalam mendidik anak- anak karena berkaitan ketahanan keluarga. Kalau salah mendidik maka hilang potensi yang dimiliki anak. Maka diperlukan kesadaran yang besar dalam mendidik anak.

Hadi menekankan delapan sentuhan ini nantinya dapat membangun ketahanan keluarga. Peningkatan ketahanan keluarga menjadi penting dilaksanakan guna mengurangi dan mengatasi berbagai masalah keluarga, masyarakat dan pembangunan nasional.

“Sehubungan dengan itu, individu dan keluarga perlu ditingkatkan ketahanannya melalui upaya pemberdayaan. Terutama berkaitan penguatan struktur, fungsi dan peran keluarga dalam masyarakat,” ucap Pria yang gemar berpantun itu. (diskominfo/ris)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − eleven =