Lima Rute Penerbangan Baru Ke Luar Kaltim yang Siap Dibuka di Bandara APT Pranoto Samarinda.

Sebanyak lima rute penerbangan baru ke luar Kaltim siap dibuka di Bandara APT Pranoto Samarinda, sudah ada lima maskapai yang mengajukan slot time dan mendapat persetujuan. Mulai Garuda Indonesia, Lion  Air, Wings Air, Batik  Air, hingga Xpress Air.

Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Wahyu Siswoyo mengatakan pihaknya sudah mengizinkan tiap maskapai melayani rute penerbangan di Bandara APT Pranoto per 1 November 2018. Namun, tidak semua maskapai siap. Mereka masih harus menyiapkan sejumlah perizinan untuk mulai melayani penumpang di Bandara APT Pranoto seperti izin slot time dari bandara tujuan dan izin dari Kementerian Perhubungan.

Adapun rute Samarinda – Surabaya dilayani Lion Air. Rute Samarinda – Makassar dilayani Garuda Indonesia dengan Lion Air, sedangkan Samarinda – Jogjakarta dilayani Xpress Air, dan rute terakhir Samarinda – Banjarmasin dilayani Garuda Indonesia.

Selain memastikan Bandara APT Pranoto segera membuka rute penerbangan baru, sebut dia, pihaknya saat ini berpacu untuk menyediakan personel. Hingga kemarin, sudah 100 orang yang direkrut dan mendapat pelatihan. Bandara yang semakin padat memerlukan pelayanan prima dari pengelola. “SDM (sumber daya manusia) sangat penting. Makanya pelatihan terus kami genjot. Sekitar 100 personel itu semua warga Kaltim.

Lion Air Group tinggal menunggu izin rute dari Kemenhub. “Persiapan sudah 75 persen. Kalau izin sudah terbit, persiapan di lapangan rampung. Dan akan segera diumumkan ke masyarakat. (Diskominfo/dir)

 

Ref : Kaltim.prokal.co , jpnn.com

sumber foto : google

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − 8 =