Kominfo Sempurnakan Aplikasi Tunjangan Online Berbasis Kinerja

Balikpapan – Pemerintah kota Balikapapan menerapkan sistem perberian tunjangan PNS berdasarkan kinerja pegawai sejak tahun 2017. Cara ini mengadopsi Kota Jakarta dan Surabaya yang lebih dulu melakukan penilaian kinerja melalui e-kinerja. Aplikasi e-kinerja yang dijalankan Pemkot Balikpapan mendorong Kominfo Kaltim ingin mengadopsi hal serupa.

Nantinya bagi PNS  yang rajin mendapatkan poin atau uang tunjangan. Sebaliknya, mereka yang tidak bekerja tentu tidak mendapatkan poin.

“Sistem penilaian kinerja ini masih diformulasikan. Nantinya bagi PNS yang rajin mendapatkan poin atau uang tunjangan. Sedangkan mereka yang tidak bekerja tentu tidak mendapatkan poin,” ujar Kepala Dinas Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah saat melakukan peninjauan ke Kota Balikpapan, Rabu (30/1).

Sementara Kepala Bidang e-Government Dinas Kominfo Kota Balikpapan Adamin Siregar mengatakan server, bandwich dan perangkat wajib disiapkan untuk menjalankan aplikasi ini. Selain itu, karena menyangkut tunjangan PNS maka perlu dilakukan koordinasi ke banyak pihak terkait. Mulai Badan Kepegawaian Daerah hingga Biro Organisasi terkait teknis aplikasi.

“OPD Kaltim terlibat karena wajib mempunyai admin untuk memasukkan data yang dikerjakan pegawai setiap hari. kemudian yang paling penting persetujuan Gubernur menerbitkan Pergub agar sistem ini dapat berjalan di lingkup Pemprov Kaltim,” ujar Adamin.

Kota Balikpapan memerlukan waktu sekitar satu tahun guna mensosialisasikan aplikasi ini ke organisasi perangkat daerah lingkup Kota Balikpapan.

Kominfo Kaltim melakukan kunjungan ke Dinas Kominfo Kota Balikpapan dipimpin Kadis Kominfo Kaltim Diddy Rusdiansyah dan tim Prakom Kominfo Kaltim. Rombongan disambut Kadis Kominfo Kota Balikpapan Tatang Sudirja beserta jajarannya di ruang rapat Bappeda Litbang.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 − five =