Hari Juang Kartika Ke 72, Kodam VI/Mulawarman Gelar Ziarah Ke Makam Pahlawan

SAMARINDA—— Masih rangkaian Hari Juang Kartika ke 72 tahun 2017 Kodam VI/Mulawarman melaksanakan kegiatan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Jl. Kesuma Bangsa Samarinda, pada Kamis (14/12/2017).

Panglima Kodam VI/Mulawarman (Mlw) Mayor Jenderal TNI Sonhadji, S.I.P., M.M. menjadi inspektur upacara peringatan hari Juang Kartika ke 72, dan di hadiri Gubernur Kaltim Prof.Dr.H. Awang Faroek Ishaq, Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso Kasdam VI/Mlw Ketua DPRD TK I Prov. Kaltim H.M. Syahrun, Para Asisten Kodam VI/Mulawarman dan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Frenky U. Riupasa S. Sos.

Pasukan peserta ziarah rombongan terdiri dari 1 Pleton Pamen, 1 Pleton Pama, Korsik Ajenrem 091/Asn, 2 Pelton pasukan Yonif 611/Awl, 2 Pleton pasukan Polri, 1Pleton Pasukan ASN TNI, 1 Pleton Pasukan pramuka dan 2 Pleton pengurusu Persit Cabang Korem 091/Asn.

Sedangkan Tema yang diusung pada peringatan Hari Juang Kartika tahun 2017 yaitu “Manunggal dengan Rakyat TNI AD Kuat”. Dari tema tersebut, maka setiap prajurit TNI AD dituntut untuk selalu menjaga Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Kegiatan ziarah tersebut diawali dengan penghormatan umum kepada arwah para pahlawan Kusuma Bangsa dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu makam para pahlawan oleh pimpinan ziarah rombongan. Setelah acara pokok ziarah selesai dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga yang dilakukan secara simbolis oleh Pangdam VI/Mlw diikuti oleh peserta ziarah lainnya.

Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, S.I.P., M.M. mengatakan, “Tujuan kegiatan yang sudah menjadi tradisi sebelum peringatan Hari Juang Kartika ke 72 tahun 2017 ini adalah untuk mengirim doa dan mewarisi nilai-nilai perjuangan dari para pahlawan pendahulu terdahulu.

“Untuk mengenang dan meresapi jasa para pahlawan, serta mengingat semangat patriotisme yang telah ditunjukan oleh para pendahulu, maka seyogyanyalah sebagai penerus bangsa wajib mengingat, mengenang dan meneruskan apa yang mereka cita-citakan,”” ujarnya.

Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2017 yang telah dilaksanakan adalah Lari 10 K yang dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2017 yang di laksanakan di Samarinda dengan jumlah peserta 5000 orang, Penanaman pohon/ penghijauan pada tanggal 13 Desember 2017 yang di laksanakan di Bandara Baru Samarinda, penanaman pohon/ penghijauan pada tanggal 13 Desember 2017 yang di laksanakan di Bandara Baru Samarinda dan Ziarah ke taman pahlawan hari ini yang kami lakukan dan sorenya Do’a Bersama di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda dan esoknya puncak kegiatan Upacara.
.
Untuk Bakti sosial antara lain Donor Darah, Khitanan Massal, Operasi Katarak dan Anjangsana kepada para Warakawuri.

(Penrem 091/ASN).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + two =