Hadirkan 14 Paguyuban, Pekan Budaya Nusantara Perkuat Persatuan Bangsa

KUTIM — Kalimantan Timur menjadi provinsi yang disebut sebagai Indonesia Mini, hal ini dikarenakan berbagai suku dan budaya dapat ditemukan di Bumi Etam. Salah satunya Kabupaten Kutai Timur dengan masyarakatnya yang heterogen, membuat Kabupaten ini memiliki banyak ragam adat istiadat dari berbagai keragaman bangsa Indonesia.

Hari ini didukung dengan adanya kesenian kuda lumping dan reog dengan berbagai variasinya tampil indah dalam Pekan Budaya Nusantara bertempat Folder Sangatta, Kutai Timur, (25/8).

Bupati Kutai Timur Ismunandar menyebutkan bahwa momentum ini sangat positif, sebagai bentuk implementasi nilai Pancasila yaitu Persatuan Indonesia dalam kerangka Bhinekaan Tunggal Ika.

“Kegiatan seperti ini patut didukung dan diapresiasi, sebab menjadi strategi untuk melestarikan budaya warisan leluhur, tentunya saya pun akan selalu memberi ruang bagi budaya lainnya agar terus lestari di kabupaten yang sama kita cintai ini,”jelasnya.

Ismu menambahkan bahwa di HUT Kutim tahun ini, seluruh etnis yang ada di Kutim akan diberikan tempat selama seminggu non stop untuk menggelar atraksi budaya. Sebanyak 4 kecamatan turut ambil bagian dalam kegiatan ini seperti Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Bengalon, dan Rantau Pulung. Ada 14 paguyuban yang ikut ambil bagian dalam Pekan Budaya Nusantara terdiri dari Borneo Putro Legowo, Turonggo Waskito Putro, Turonggo Wahyu Budoyo, Turunggo Mudo Among Budoyo, Turonggo Yakso, Turonggo Margo Budoyo, Turonggo Binangun Jati Negara, Turonggo Seto, Turonggo Joyo, Putro Turunggo Mudo, Tirta Kencana, Reog Margo Kencono, Reog Margo Singo Joyo, dan Sanggar Seni IKAWANGI Banyuwangi.

“Disini kita satukan semangat, NKRI harga mati karena Dengan mencintai budaya, berarti kita mencintai kekayaan bangsa,”tukasnya mengakhiri sambutan. (DISKOMINFO/Lely)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 7 =