Gubernur Awang Optimis Prospek Ekonomi 2017 Mengalami Perbaikan

SAMARINDA—– Tantangan yang dihadapi dalam membangun tidaklah kecil mengingat badai krisis finansial, global dan regional serta pertumbuhan ekonomi nasional sampai akhir  2016 belum sepenuhnya membaik disisi lain juga mengalami pengurangan anggaran dari pusat, sehingga berdampak langsung terhadap perekonomian dan kinerja pembangunan di daerah. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Kaltim H. Awang Faroek Ishak beberapa hari yang lalu pada HUT Prov. Kaltim di Gor Sempaja Samarinda. Kamis (12/1)

Menurutnya, selama tahun 2016 Prov. Kaltim mengalami masa-masa yang sulit meskipun kinerja ekonomi Kaltim pada triwulan III sempat mengalami peningkatan sebesar 0,83%. Namun pada akhirnya mengalami kontraksi sebesar -0,12% dari sisi produksi laju pertumbuhan ekonomi kaltim dipengaruhi oleh penurunan kinerja lapangan usaha pertambangan dan penggalian dalam beberapa tahun sebelumnya yang menjadi andalan yaitu terkoreksi 2,85%.

“Kita bersyukur ditengah pertumbuhan ekonomi yang melambat tersebut ternyata Kaltim memiliki daya saing ke III di Indonesia setelah DKI, Jatim,”tuturnya

Hasil surve National University Of Singapore dimana sektor-sektor lain mengalami peningkatan antara lain industri pengolahan tumbuh sebesar 0, 91% dan pertanian sebesar 2,36%, selain itu agroindustri memberi paluang yang sangat prospektif begitu pula dengan industri pengolahan juga diperkirakan mengalami peningkatan yang disumbang oleh non migas.

Tahun 2015-2016 sempat terkontraksi -0,86%  perbaikan ekonomi Kaltim diperkirakan bersumber dari kinerja ekonomi luar negeri yang membaik seiiring perkiraan perbaikan harga komunitas  expor utama  Kaltim dan meningkatnya permintaan  dari negara- negra mitra yang utama maupun di negara-negara kawasan.

Disamping itu sokongan juga datang dari peningkatan yang cukup signifikan pada lapangan kontruksi  yang tumbuh 7,86%. Untuk itu diharapkan pada tahun 2017 ini maupun tahun mendatang dapat ditingkatkan lebih tunggi lagi.

“Kita semua harus optimis  prospek ekonomi kaltim ditahun 2017 ini akan mengalami perbaikan dibandingkan tahun tahun berikutnya,”pintanya (diskominfo/ris)

 

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − ten =