FPIK Unmul Tanam Seribu Bibit Mangrove Di Muara Badak

Samarinda —Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Mulawarman melakukan kegiatan penanaman bibit mangrove di Desa Pangempang Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu(14/4). Kegiatan ini sekaligus milad Mahasiswa Pencinta Alam Planktos ke-14 dilaksanakan tanggal 13-14 April 2019.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Adi Siswanto mengatakan pihaknya telah bekerjasama dengan pihak lindungi hutan sebagai perayaan Hari Bumi sedunia yang jatuh tanggal 22 April 2019. Dirinya berterima kasih kepada pihak yang sudah membantu terutama untuk kegiatan penanaman seribu bibit mangrove. Diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim, Dinas Kehutanan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), serta Civitas Akademik Unmul.

“Kebetulan untuk Kaltim, kegiatan dipusatkan di Mapala Planktos sendiri yang mengambil lokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara khususnya pantai Panrita Lopi Desa Pangempang Muara Badak,” ujarnya.

Dirinya menuturkan, target peserta yang mengikuti kegiatan tidak hanya terdiri pecinta alam saja. Namun ada beberapa pihak-pihak yang turut serta membantu penanaman mangrove.

“Jadi gak cuma pecinta alam saja yang kita undang, tapi ada juga pihak atau instansi yang membantu. Termasuk dari TNI AL (Angkatan Laut), anak-anak sekolah juga kita undang untuk melestarikan lingkungan terutama wilayah pesisir pantai dan ekosistem mangrove,”pungkasnya.

Adi mengakui alasannya mengambil lokasi di pantai Panrita Lopi dikarenakan daerah tersebut belum ada kegiatan penanaman mangrove selama ini.

“Pada saat di lokasi, bisa dibilang daerah ini belum ada dilakukan kegiatan penanaman mangrove sama sekali,” tutupnya.(Diskominfo/Rey)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − 14 =