Fasilitas Layanan Data Center Diskominfo Prov. Kaltim

Fasilitas Data Center Diskominfo Prov. Kaltim

Fasilitas Data Center merupakan bagian penting dari infrastruktur teknologi informasi (TI) pada Dinas Kominfo Prov Kaltim. Fasilitas ini menyediakan infrastruktur yang aman, handal, dan baik untuk penyampaian sistem Informasi lingkup Pemprov Kaltim. Pada Tahun 2018 Dinas Kominfo Prov Kaltim melalui Bidang TIK telah mengadakan kebutuhan Bandwith bersama PT. (Persero) Telekomunikasi Indonesia terkait Layanan internet Astinet untuk menyediakan jaringan internet dengan kapasitas bandwidth 60 Mbps. Bidang TIK juga menyediakan intranet via kabel dan wifi yang dapat digunakan untuk keperluan penyelenggara Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam Pengelolaan dan memelihara infrastruktur,  Bidang TIK memastikan bahwa layanan teknologi informasi yang baik tersedia untuk semua sistem komputasi administratif, Sistim Informasi pada SKPD/ OPD, dan semua pekerjaan, bersama dengan itu juga menunjang bagian penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan yang baik, efisien dan transparan.

Manfaat Fasilitas Data Center Diskominfo Prov Kaltim

  1. Konektivitas ketersediaan akses 24/7 yang cepat ke sumber daya jaringan Internet dan OPD terkait. (availability)
  2. Mengamankan jaringan data-memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan sumber informasi dalam lingkup Pemprov Kaltim maupun kabupaten/ kota.(Privacy)
  3. Pemantauan layanan – memastikan keamanan fisik dan integritas operasional sistem dan layanan di Data Center dengan CCTV, Access Security dan NOC. (secure)
  4. Sistim kelistrikan yang terintegrasi – 2 Jalur kelistrikan dari 2 Substation berbeda, sistem Redundant UPS (2N) yang bekerja secara bergantian agar pasokan catu daya pada Data Center tidak putus.(Redundant)
  5. Pemulihan bencana – menjamin kelangsungan sistem, program, dan layanan Pemprov Kaltim tetap berjalan dengan backup Data colocation antara Data Center Diskominfo dengan Data Center Kantor Gubernur kaltim.(Recovery)
  6. Memonitor dan menjaga kondisi Pada Data Center agar layanan di seluruh OPD dapat selalu optimal secara berkesinambungan melalui Environment management system (EMS), N+1 Precission Air Conditioning System (PAC) yang berfungsi menjaga kelembaban dan temperature suhu pada Data Center Diskominfo. Selain itu untuk tindakan preventive pencegahan kebakaran dapat ditanggulangi dengan FM200 fire suppression yang standard dipakai pada data center.(Environment control)
  7. Layanan dan Solusi IT terhadap OPD/ SKPD Pemprov Kaltim Cloud Computing mencakup : Software as Service, Platform as Service dan Infrastructure as Service. Seperti Virtual Server, Web Hosting dan Co-Location.
  8. Manajemen virtualisasi server-memungkinkan transisi yang mulus antara cluster virtual seiring perubahan beban layanan dan cluster transisi antara pusat data, memberikan pemulihan bencana dan ketersediaan tinggi dan manajemen yang disederhanakan.