Ekonomi

50 Booth Pameran Gelar Produk Unggulan Kaltim DI Gernas BBI 2021

  •   primayudha amrullah
  •   13 Oktober 2021
  •   1:35pm
  •   Ekonomi
  •   1089 kali dilihat

Samarinda –  Sebanyak 50 booth (stand) pameran yang tersedia dari 120 UMKM Kaltim yang lolos hasil kurasi, memamerkan produk-produk unggulan mereka di Planery Hall Convention Center GOR Sempaja Samarinda,Selasa  (12/10).

Ini dalam rangka pencanangan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GERNAS BBI) Kalimantan Timur 2021  dengan pelaku bisnis UMKM dari Provinsi, Pertamina, Bank Indonesia dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Gernas BBI Kaltim 2021 dengan tema "Go Borneo".

Menteri PDTT, Abdul Halim Iskandar bersama Gubernur Kaltim, Isran Noor meresmikan both pameran Gernas BBI ditandai pengguntingan pita, yang dilanjutkan dengan menggelilingi 50  stand pameran.

Tampak suasana stand pameran yang menyuguhkan produk – produk unggulan tersebut  digelar secara off line dan online di market place dengan plat from yang dapat diakses masyarakat luas.  Dimana berbelanjanya secara digital menggunakan QRIS.

Berbagai Bahan produk unggulan  dengan mengusung kearifan lokal seperti dalam bentuk fashion,kriya,kuliner, manufaktur, kecantikan, komoditi perikanan dan bahkan karya-karya seni membanggakan.

Kesemua Bahan produk unggulan tersebut terdapat  di Virtual Expo UMKM produk unggulan UMKM kawasan Kalimantan Timur mulai tanggal 12 Oktober 2021 yang dapat diakses melalui link :

https://laminetam.id/
https://gerbangumkmborneo.com/
https://smexpo.pertamina.com/

Diketahui, Gernas BBI merupakan kegiatan bulanan yang rutin diselenggarakan secara bergantian oleh 14 Kementerian atau lembaga di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Kemaritiman). Sepanjang tahun kementerian dan lembaga bekerjasama dengan BUMN dan media telah menyelenggarakan Gernas BBI di berbagai provinsi di Indonesia. Tahun 2020 lalu, Gernas BBI telah mampu mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk on boarding ke e-commerce.

Dengan adanya kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) selain untuk mendorong national branding produk lokal unggulan 2021, diharapkan pelaku bisnis UMKM Kalimantan Timur khususnya dapat menembus pangsa pasar internasional kedepannya. (odi/pt)