Ekonomi Kreatif Di Sektor Syariah

Samarinda–Undang-Undang No.21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah yang terbit tanggal 16 Juli 2008, maka pengembangan industri perbankan syariah nasional semakin memiliki landasan hukum yang memadai dan akan mendorong pertumbuhannya secara lebih cepat lagi. Dengan progres perkembangannya yang impresif, yang mencapai rata-rata pertumbuhan aset lebih dari 65% pertahun dalam lima tahun terakhir, maka diharapkan peran industri perbankan syariah dalam mendukung perekonomian nasional akan semakin signifikan.


Dialog Publika 26 Desember 2018 mengangkat tema “Mengenal Ekonomi Syariah” dengan nara sumber Nazrin Kepala Biro Ekonomi Setda Prov Kaltim dan Prabu Dewanto selaku Kepala Tim Pengembangan Bank Indonesia Perwakilan Kaltim. Dialog interaktif berdurasi 60 menit di laksanakan di studio LPP TVRI Kaltim ini bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim.


Potensi Kaltim untuk mengembangkan Perbankan Syariah dinilai sangat baik menurut Prabu Dewanto, ini terlihat pada pagelaran Festival Ekonomi Syariah (FESyar) yang dilaksanakan di Balikpapan, Senin (28/10) lalu. Acara ini sekaligus untuk mengenalkan konsep ekonomi syariah kepada masyarakat di Kaltim. Berdasarkan pengalaman krisis beberapa kali ekonomi syariah tahan banting dan tidak terpengaruh dengan gejolak ekonomi dunia. Prabu menilai, “UMKM di sektor fashion hijab cukup menjanjikan, banyak UMKM fashion yang sangat kreatif disini” ujarnya. 


Bank Indonesia perwakilan Kaltim melirik sektor lain dalam pengembangan ekonomi syariah, Pesantren merupakan peluang untuk berkontribusi pada peningkatan pendapatan pesantren itu sendiri, dimana para santri diajarkan untuk beternak hewan seperti sapi, kambing. Selain beternak para santri juga diharap bisa berkebun. Konsep seperti ini akan dikembangkan di pesantren yang ada di Kaltim. (diskominfo/tp)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five + 11 =