KPMD Kawal Pembangunan Desa

Muara Komam – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim gelar Rapat Peningkatan Kapasitas Kader Pemberdayaan Masyarakat Daerah (KPMD) di Gedung Serbaguna Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Rabu (13/3).

Kegiatan rakor ini untuk menghidupkan kembali keberadaan KPMD dalam pengawalan pembangunan desa serta memberikan pemahaman bagi kecamatan dan aparat desa tentang tugas dan fungsi KPMD.

“Ini semacam rakor pengembangan KPMD tingkat Provinsi Kaltim dengan sasaran Kabupaten Paser khususnya Desa Batu Butok, Muara Komam tepatnya,” ucap Kabid Pemberdayaan Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat Surya Dharma Herman mewakili kepala DPMPD Kaltim.

Tujuan dibentuknya KPMD mendorong partisipasi dan gotong royong masyarakat untuk terlibat proses pembangunan desa mulai perencanaan, pelaksanaan hingga penggunaannya.

“Saya berharap melalui rapat ini kita dapat bertukar informasi antar peserta terkait permasalahan apa saja untuk dirumuskan sebagai langkah konkrit pengembangan desa di Kaltim,” ungkapnya.

Adanya pelatihan diharap meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku masyarakat, dan aparatur penyelenggara Pemerintah Desa secara mandiri. Kegiatan bertema Bersama Kader Pemberdayaan Masyarakat Kita Tingkatkan Kreativitas dan Partisipatif Masyarakat menuju desa mandiri untuk Kaltim yang berdaulat. (Diskominfo – Rzk).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − twelve =